Cara Mengatasi Handphone yang Lambat Kerjanya Atau Mempercepat Kerja Handphone

Cara Mengatasi Handphone yang Lambat KerjanyaSobat Blogger! Ada yang bertanya kepada saya "Kenapa ya sekarang ini handphone saya lambat kali kerjanya (tulalit) padahal dulu kerjanya cepat sekali?". Saya yakin tidak hanya kawan ini yang mengalami demikian. Saya dan sobat blogger atau pengguna handphone lainnya pasti pernah mengalami ini. Terus kalau kejadiannya seperti ini apa solusi yang paling baik? Apa perlu ganti dengan Handphone baru yang lebih canggih? Ganti baru sih boleh-boleh aja sob asal dibeli pakai uang sendiri he.he. Tapi sobat harus ingat, Handphone baru yang canggih dan punya spesifikasi mensin hebatpun suatu saat akan mengalami hal seperti ini juga. Kalau sobat gak percaya silahkan saja beli lagi Handphone baru yang spek (spesifikasi) tinggi, mumpung lagi banyak yang baru tu.
Untuk diketahui bahwa kecepatan kerja sebuah handphone sangat tergantung dari RAM dan prosesor yang dimilikinya. Idealnya semakin tinggi atau besar RAM dan prosesor yang dipakai, akan semakin kencang juga kerjanya. Terus bagaimana kalau RAM dan prosesornya sudah super tapi kerjanya tetap lelet? Kalau itu kejadiannya, kita gak usah cepat-cepat salahkan handphonenya karena barangkali (pasir ya sob) karena kitanya belum mengetahui beberapa prinsip kerja dari barang yang satu ini.
Kalau kita perhatikan, Handphone sekarang ini (lebih tepatnya mungkin smartphone atau gadget) sudah disertai banyak sekali aplikasi dari vendornya, dan aplikasi ini dapat pula kita tambah sendiri dengan mudah melalui aplikasi google play store secara gratis ataupun berbayar (bagi yang punya kelebihan banyak uang). Ketika kita menjalankan aplikasi tersebut, maka RAM dan prosesor Handphone kita akan mengerjakannya. Semakin banyak aplikasi yang kita buka, maka akan semakin banyak ruang memory yang dipakai untuk mempekerjakan aplikasi-aplikasi tersebut. Akibatnya beban kerja RAM dan prosesor bertambah, dan kalau sudah kelebihan beban bisa jadi akan terjadi kelumpuhan (hang) sehingga handphone kita tidak bisa diapa-apain. Kalaupun tidak hang, paling tidak kita harus bersabar menunggu RAM menyelesaikan pekerjaannya. Akibat lain dari banyaknya aplikasi yang aktif di memory adalah konsumsi daya baterai juga meningkat, sehingga daya baterai cepat habis.(lihat cara menghemat daya baterai handphone agar tahan lama)
Kebiasaan kita jarang sekali menutup aplikasi-aplikasi tersebut secara sempurna, sehingga walaupun di layar handphone aplikasi itu tidak aktif lagi, tetapi rupanya dia masih mengambil tempat di RAM. Inilah faktor yang paling banyak mempengaruhi kinerja dari handphone kita yang canggih itu. Kalau kita bisa menghentikan aplikasi-aplikasi ini sehingga tidak lagi diakses atau mengambil tempat di memory, saya yakin handphone kita akan bekerja maksimal. Kalau begitu gimana caranya ya untuk melakukan semua itu? Gampang Sob! Sobat bisa ikuti saja langkah-langkah berikut ini.
  1. Sobat buka Pengaturan yang ada di handphone sobat, biasanya lewat menu galery atau sudah ditampilkan pada bagian atas handphone sobat.
  2. Pilih menu lainnya (mungkin ini bergantung dari aplikasi androidnya)
  3. Pilih manajer aplikasi sehingga muncul semua aplikasi yang ada dihandphone sobat
  4. Pilih menu aplikasi yang sedang berjalan sehingga muncul semua aplikasi yang masih jalan di handphone sobat
  5. Pilih aplikasi-aplikasi yang sobat tadinya sudah tutup tetapi masih berjalan di memory handphone sobat.
  6. Pilih berhenti untuk mengeluarkan aplikasi tersebut dari memory aktif. Biasanya kalau aplikasi ini berhasil dihentikan maka aplikasi tersebut tidak akan tampak lagi di menu berjalan. Sobat juga bisa lihat pada indikator memory terjadi pertambahan ruang kosong di memory.
    Cara menghentikan aplikasi aktif di hanphone android
  7. Lakukan hal yang sama terhadap aplikasi lainnya yang sobat anggap sudah selesai digunakan. 
Kalau cara di atas sudah kita lakukan, saya bisa pastikan sekarang handphone kita lebih kencang kerjanya. Selain cara di atas kita bisa juga melakukannya dengan menggunakan aplikasi tambahan yang bisa kita unduh di google play store seperti Do Speed Browser. Tapi biar lebih aman, kita manfaatkan saja aplikasi bawaan dari handphone kita. Selamat mencoba Sob!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Handphone yang Lambat Kerjanya Atau Mempercepat Kerja Handphone"

Post a Comment