Cara Menghemat Daya Baterai Handphone Agar Tahan Lama

Cara Menghemat Daya Baterai HandphoneSalah satu hal yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam membeli handphone, smartphone atau gadget adalah daya tahan baterai yang dimiliki oleh handphone tersebut. Karena dengan daya baterai yang tahan lama membuat kita lebih puas dan tidak disibukkan dengan proses charger handphone berulang-ulang dalam waktu yang singkat. Bagi sobat-sobat yang mempunyai gadget atau smartphone mungkin sering mengalami daya baterai handphone cepat habis padahal ketika membeli handphone tersebut, yang menjadi salah satu pertimbangan adalah daya tahan baterai yang lama. 
Ada beberapa kemungkinan yang berhubungan dengan daya tahan baterai handphone yang ada di pasaran yaitu:
  1. Handphone tersebut memang dari awal tidak memiliki daya tahan baterai yang lama sejak dari awal atau dari pabriknya. Mohon maaf! handphone jenis ini biasa ditemukan pada jenis handphone canggih tapi harganya murah meriah.
  2. Handphone tersebut memang tahan lama baterainya tetapi dalam jangka waktu yang panjang (setahun dua tahun) daya baterainya sudah tidak tahan lagi atau dayanya cepat terkuras.
  3. Handphone tersebut awalnya memang tahan lama baterainya, tetapi dalam selang waktu tak berapa lama (hitungan hari, minggu atau bulan) sudah tidak tahan lagi.
Untuk kasus handphone yang pertama, memang kita susah untuk menghemat daya baterainya karena memang kemampuannya hanya segitu, Jika sobat tetap bertahan dengan handphone yang seperti itu saya sarankan untuk membeli baterai cadangan atau juga bisa dengan membeli charger portable yang bisa sobat bawa kemana pergi.
Untuk kasus yang kedua memang dianggap wajar karena memang tabiatnya dunia ini seperti itu. Artinya tidak ada yang bertahan lama (kekal seperti semula kecuali sang pencipta) kecuali luluh karena di telan masa. Bagi sobat yang mengalami kondisi nomor dua saya sarankan untuk mengganti baterainya dengan yang baru dan usahakan menggunakan barang asli bukan bajakan (yang paling aman itu beli di distributor atau service resminya). Tapi sebelum sobat benar-benar ingin mengganti dengan baterai baru pastikan dulu kondisi baterai tersebut apakah memang sudah usang (soak) atau belum. Biasanya secara fisik kita dapat melihat kalau baterai handphone yang sudah lama bentuknya membengkak (tidak selamanya seperti itu). Jika susah membedakan kondisi fisiknya lebih bagus sobat pinjam dulu ke tetangga yang memiliki handphone yang sama (itu pun kalau dia gak keberatan ya kalau baterainya dipinjam). Selain itu perlu juga dipertimbangkan apakah handphone sobat tersebut tetap akan dipertahankan keberadaanya di dunia yang panah ini atau tidak. sebab sekarang ini model-model terbaru banyak bermunculan dengan berbagai macam fitur yang memukau he..he.
Untuk kasus yang ketiga, sering saya jumpai pada pada beberapa pengguna dan bahkan saya sendiri pernah mengalaminya. Jika sobat memiliki handphone yang awalnya memiliki daya tahan baterai yang lama (bisah sehari atau dua hari) kemudian setelah menggunakan seminggu dua minggu baterainya hanya bertahan dua jam atau lebih (atau mungkin lebih sebentar lagi) jangan terlalu cepat panik. Bisa saja penyebabnya bukan pada baterai handphone-nya tetapi mungkin pada aplikasinya. Nah! Bagi sobat yang mengalami hal yang ketiga ini, perlu melakukan hal-hal berikut agar daya baterai handphone tidak cepat terkuras.
  1. Matikan GPS yang ada di HP sobat jika tidak sedang dibutuhkan. 
  2. Matikan Wireless, Data Seluler jika tidak sedang dibutuhkan
  3. Matikan koneksi Bluetooth jika sedang tidak dibutuhkan
  4. Hidupkan alat penghemat daya yang sudah ada dihandphone sobat (android biasanya sudah punya). Jika belum punya sobat unduh saja aplikasinya
  5. Pastikan fitur sinkroniasi email sobat dalam keadaan sedang tidak aktif, karena kalau sinkronisasi terus diaktifkan maka daya akan cepat terkuras.
  6. Usahakan tidak menggunakan nada getar (cukup suara saja) atau jika perlu yang silent saja sob he..he
  7. Pastikan aplikasi-aplikasi yang ada pada handphone sobat yang sedang tidak digunakan benar-benar sedang tidak aktif, karena bisa saja aplikasi tersebut tidak digunakan tetapi dia sedang jalan di memory handphone sehingga menguras banyak daya. Cara gampang menonaktifkannya untuk HP android adalah dengan menekan tombol utama beberapa saat, kemudian hapus semua aplikasi yang muncul di layar. Cara yang lebih bagus adalah dengan melalui menu pengaturan. Bisa juga menggunaka aplikasi pihak ke dua atau ketiga he..he
  8. Atur kecerahan layar agar jangan terlalu terang.
  9. Jika HP sobat merupakan dual sim dan sobat dalam perjalanan usahakan untuk menonaktifkan salah satunya. Tentunya sobat harus pandai memilah saat kapan harus mematikan salah satunya agar tidak merugikan sobat.
Untuk menjaga agar baterai handphone kita dapat bertahan lama (supaya tidak cepat mengalami kasus seperti nomor dua), maka kita perlu melakukan proses pengecasan yang teratur seperti berikut.
  1. Lakukan pengecasan ketika baterai memang sudah hampir habis. Jangan biasakan mengecas handphone padahal baterainya masih banyak (kecanduan ngecas he..he)
  2. Jangan membiarkan Handphone dalam keadaan tercas secara terus menerus padahal baterainya sudah melimpah bahkan sudah tumpah...he..he. Hal ini akan menyebabkan baterai HP sobat cepat membengkak dan akibatnya cepat penuh ketika di cas dan cepat habis ketika digunakan
  3. Gunakan Cas sesuai spesifikasi pabriknya (jangan asal colok)
  4. Jangan ngecas Handphone di mobil kecuali pasti betul kondisi arus dan tegangannya stabil

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghemat Daya Baterai Handphone Agar Tahan Lama"

Post a Comment