Apa ya maksud G, E, 3G, H dan H+ Pada Jaringan Seluler?

simbol G, E, 3G, H dan H+ Pada Jaringan Seluler?Suatu waktu saya tergoda oleh iklan salah satu operator seluler untuk membeli paket internet super cepat dengan harga lumayan terjangkau. Karena HP yang saya miliki saya anggap mendukung untuk keperluan transaksi data internet, maka saya memutuskan untuk membeli paket tersebut. Ketika paket sudah saya beli dan ada pesan penerimaan dari si om operator, maka saya mencoba untuk melakukan aksi online menggunakan paket tersebut. Awalnya saya bisa online karena ketika saya selesai membeli paket, pada indikator sinyal seluler saya tertulis huruf H+. Setelah saya pulang ke rumah ternyata sinyalnya sudah berubah menjadi E sehingga saya tak bisa lagi online menggunakan jaringan seluler. Saya agak heran kenapa sinyal di rumah saya hanya E padahal saya tinggal dekat dengan tower HP (BST). Nah bagi sahabat yang ingin beli paket internet lewat jaringan seluler perlu juga ya untuk mengetahui kualitas jaringan di dekat kita tinggal atau kerja, karena kalau tempat dimana kita tinggal atau bekerja jaringannya hanya E maka kita gak bakalan puas untuk melakukan online (gak bisa) sehingga jata paket yang kita miliki paling habis ditelan waktu.
Ngomong-ngomong soal sinyal E, G, 3G, H dan H+ di jaringan seluler kira-kira apa ya maksudnya? untuk mengetahuinya sobat bisa simak penjelasan singkat berikut ini:
  1. G merupakan simbol sinyal GPRS. GPRS ini adalah singkatan dari general packet radio service yang merupakan teknologi data seluler yang kecepatannya paling rendah. Adapun kecepatan yang dimilikinya lebih kurang 60 sampai 80 kilobyte per secon (kbps). merupakan generasi data ponsel yang pertama (2G). 
  2. E merupakan simbol yang digunakan pada sistem EDGE atau enhanced data rates for GSM evolution. EDGE ini merupakan pengembangan dari teknologi GPRS yang tentu saja kecepatannya akan lebih baik jika dibandinkan dengan teknologi GPRS (tiga kali lipat). Biasanya disebut generasi kedua (2,5 G)
  3. 3G atau orang Indonesia sering bilang triji merupakan singkatan dari third(3rd) generation atau generasi ketiga dengan kecepatan akses data dapat mencapai 2 Mega Byte Per Secon (MBPS). Dengan kecepatan sebesar ini sudah memungkinkan kita untuk melakukan komunikasi data lebih cepat sehingga kegunaan ponsel tidak lagi hanya untuk keperluan SMS dan telponan.
  4. H merupakan simbol dari HSPA yang mempunyai kecepata transfer data yang luar biasa hingga mencapai 14 MBPS. Dengan kecepatan packet data sebesar ini sudah tentu membuat kita merasa nyaman untuk menikmati online dengan HP yang kita miliki. Tapi tentu saja sangat bergantung dengan keberadaan atau spesifikasi HP yang digunakan. Adapun HSPA ini merupakan singkatan dari High Speed Packet Acces.
  5. H + biasa juga disebut dengan sinyal LTE atau 4G. Kecepatannya mencapai 150 MBPS. Jika kita memiliki HP yang mendukung teknologi ini dan dipadukan dengan teknologi aplikasi sosial media yang ada sekarang, maka kita akan enak sekali untuk komunikasi yang tidak hanya melibatkan suara tetapi juga disertai dengan video atau gambar kita sehingga komunikasi kita benar benar hidup dan dunia ini terasa begitu dekat sekali. 
Nah sahabat! itulah penjelasan singkat tentang Tanda G, E, 3G, H dan H+ semoga ada manfaatnya bagi yang membutuhkan informasi ini. Saran saya, Carilah HP yang mendukung teknologi paket data yang terbaik, sehingga fasilitas yang disediakan provider untuk kita bisa kita gunakan secara maksimal untuk keperntingan kita. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa ya maksud G, E, 3G, H dan H+ Pada Jaringan Seluler?"

Post a Comment