Menggunakan Fungsi Matematik, Trigonometri dan Teknik di Excel dan Spredsheet

Jika kita orang teknik, atau seorang matematik atau siapapun kita yang ingin menggunakan fungsi matematik, maka excel (spredsheet) sudah menyediakannya untuk keperluan kita. Fungsi berikut ini biasa digunakan untuk perhitungan matematika,trigonometri atau teknik. 
konversi bilangan biner, octal, decimal, hexa, trigonometri
LOG
Digunakan untuk menghitung nilai logaritma. Misalkan kita ingin menghitung nilai log dari angka 100, maka kita dapat menuliskan fungsi berikut ini.
            =LOG(100)
Maka setelah dienter akan didapatkan hasil 2

COS
Digunakan untuk mencari nilai cosinus suatu sudut. Misalkan kita ingin menghitung nilai cosinus dari sudut 00, maka kita dapat menuliskan fungsi berikut.
            =COS(0)
Maka akan didapatkan hasil 1

SQRT
Digunakan untuk mencari akar suatu bilangan. Misalkan kita ingin menghitung akar dari angka 25, maka dapat kita tuliskan fungsi berikut ini.
            =SQRT(25)
Maka setelah kita enter akan didapatkan angka 5.
Selain dengan menuliskan angka secara langsung ke dalam fungsi, kita juga dapat menuliskan nama sel tempat angka itu berada

CONVERT
Biasa fungsi ini digunakan untuk mengubah satuan. Sebagai contoh kita ingin mengubah satuan dari centimeter(cm) ke milimeter(mm) maka dapat kita tuliskan fungsi sebagai berikut.
            =CONVERT(100;”cm”,”mm”)
Maka setelah kita enter akan didapatkan angka 1000

DEC2BIN
Dapat digunakan untuk mengubah angka desimal ke angka biner. Sebagai contoh: misalkan kita ingin mengubah angka 1410 ke dalam bentuk angka biner maka dapat kita tuliskan fungsi berikut ini
            =DEC2BIN(14)
Maka setelah kita enter akan didapatkan angka biner 11102

DEC2OCT
Digunakan untuk mengubah angka desimal menjadi angka oktal (bilangan berbasis delapan). Misalkan kita ingin mengubah angka 3010 menjadi angka oktal, maka dapat kita tuliskan fungsi berikut ini.
            =DEC2OCT(30)
Maka hasilnya adalah 368

DEC2HEX
Digunakan untuk mengubah angka desimal mejadi angka hexadesimal yaitu suatu jenis bilangan yang mempunyai radix 16. Sebagai contoh kita ingin mengubah bilangan 3010 menjadi bilangan hexadesimal, maka dapat kita tuliskan fungsi berikut ini.
            =DEC2HEX(30)         
Maka akan kita dapatkan angka 1E16

BIN2DEC
Digunakan untuk mengubah bilangan biner(radix 2) ke bilangan desimal (radix 10). Misalkan kita ingin mengubah bilangan biner 11102 ke bilangan desimal, maka dapat kita tuliskan fungsi berikut ini.
             =BIN2DEC(1110)
Maka hasilnya setelah di enter adalah bilangan 1410

BIN2OCT
Digunakan untuk mengubah angka biner menjadi angka oktal (bilangan berbasis delapan). Misalkan kita ingin mengubah angka 11112 menjadi angka oktal, maka dapat kita tuliskan fungsi berikut ini.
            =DEC2OCT(1111)
Maka hasilnya adalah 178

BIN2HEX
Digunakan untuk mengubah angka biner mejadi angka hexadesimal yaitu suatu jenis bilangan yang mempunyai radix 16. Sebagai contoh kita ingin mengubah bilangan 111112 menjadi bilangan hexadesimal, maka dapat kita tuliskan fungsi berikut ini.
            =DEC2HEX(11111)   
Maka akan kita dapatkan angka 1F16

Untuk selanjutnya silahkan anda coba menggunakan OCT2BIN, OCT2DEC, OCT2HEX, HEX2DEC, HEX2BIN, HEX2OCT.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menggunakan Fungsi Matematik, Trigonometri dan Teknik di Excel dan Spredsheet"

Post a Comment