Cara Mengunci Dokumen Word 2007 Agar Tidak Bisa di Edit Atau Copy

Cara Mengunci Dokumen Word 2007 Agar Tidak Bisa di Edit Atau CopyJika kita mendownload dokumen file doc di internet, sering kita jumpai bahwa file dokumen yang kita download tersebut dalam keadaan terkunci atau tidak bisa di edit dan dicopy sama sekali. Bahkan tidak jarang juga dokumen yang kita download mengandung watermark atau tulisan tanda air yang isinya nama sipembuat dokumen. Sepertinya yang punya tulisan hanya ingin orang lain untuk membaca tulisannya saja dan tak mengizinkan untuk dicopy apalagi di edit. Bagi sebagian orang mungkin akan bingung alias heran kenapa dokumennya tak bisa diedit atau dicopy. Bahkan mungkin ada juga yang merasa khawatir kalau aplikasi office yang dia miliki yang bermasalah. He..he..padahala memang dari sananya sobat sudah dilakukan proteksi oleh sipembuat dokumen. Nah bagi sobat yang belum tahu bagaimana cara melakukan proteksi terhadap file dokumen word office 2007, bisa terus baca artikel ini. Bagi sobat yang sudah bisa kasih petuahnya ya agar artikel ini lebih bagus. Berikut ini adalah langkah - langkah sederhana untuk memproteksi dokumen word dengan menggunakan office 2007.
  1. Buka dokumen word sobat, boleh dalam keadaan kosong atau sudah dalam keaadan berisi.(he..he kalau kosong ngapain diproteksi ya.!)
  2. Klik menu review yang ada pada ribbon menu
  3. Klik sub menu protect document yang ada pada pojok sebelah kanan
    langkah proteksi dokumen word 2007
  4. Akan muncul pilihan seperti gambar berikut ini.
    proteksi dokumen di word 2007
  5. Pilih tulisan restrict formatting and editing sehingga muncul tampilan seperti gambar berikut.
    cara memprotek dokumen word 2007
  6. Lakukan ceklis atau centang pada editing restrictons (pilihan nomor dua).
  7. Kemudian pilih filling in forms agar tulisan kita tidak bisa diedit dan dicopy.
    cara mengunci dokumen word 2007
  8. Jangan lupa untuk mengklik Yes, Start Enforcing Protection sehingga muncul form untuk mengisi password seperti gambar berikut ini.
    teknik mengunci dokumen word 2007
  9. Silahkan sobat isikan password yang dinginkan, tapi ingat jangan sampai lupa ya sobat biar gak kualat, he..he. Ada yang bilang sob! pasword yang paling bagus itu adalah password yang orang punyanya sendiri juga tidak bisa membukannya, berarti barang di dalam tetap aman sampai kiamat. just kidding...
  10. Ulangi kembali password yang sobat ketik tadi, jangan sampai beda ya karena kalau beda pasti gak mau.
  11. Jangan lupa pilih OK, kemudian silahkan sobat simpan dokumen sobat. Insya Allah sekarang sudah aman terproteksi. Ingat jangan sampai tak bisa di edit lagi oleh yang punya.
Demikian sob tips sederhana mengenai cara proteksi dokumen word 2007 dari saya, semoga ada manfaatnya. Bagi yang punya ilmu lebih silahkan beri masukan pada kolom komentar, biar tambah ilmu. Oh..ya sob mengenai pilihan yang tiga lagi kira kira fungsinya sebagai berikut:
  • Tracked Changes : Tulisan yang diedit digaris merah (storke)
  • Comments : Pilihan untuk menjadikan tulisan sebagai komentar
  • No Changes (read only) : Pilihan ini untuk anti edit pada tulisan kita tetapi masih bisa dicopy
Nah sekarang terserah sobat mau pilih yang mana. 

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara Mengunci Dokumen Word 2007 Agar Tidak Bisa di Edit Atau Copy"