Jaringan Wireless LAN atau Nirkabel

Jaringan Wireless LAN atau Nirkabel uniks harianjaWireless Local Area Network (WLAN) merupakan jaringan komputer yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisi datanya. Pada jaringan ini data atau informasi ditransfer dari satu komputer ke komputer lain tanpa mengunakan kabel sebagai media perantara. Jaringan ini sering juga disebut dengan istilah jaringan nirkabel atau jaringan tanpa kabel. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari jaringan WLAN jika dibandingkan dengan jaringan komputer kabel.
  1. Mobilitas tinggi: Jairngan WLAN dapat menyediakan pengaksesan data atau informasi secara real time dimana saja bagi pengguna LAN selama berada dalam organisasinya. Mobilitas ini mendukung layanan yang tidak dapat disediakan oleh jaringan kabel. Dengan kata lain kalau kita menggunakan WLAN maka kita dengan mudah untuk pindah tempat duduk karena tidak terikat oleh kabel seperti yang terjadi pada jaringan kabel.
  2. Fleksibilitas dan kemudahan instalasi (pemasangan): Jaringan ini dapat dipasang dengan mudah serta dapat mengurangi penggunaan kabel yang melalui tembok atau atap. Dengan jaringan WLAN memungkinkan kita untuk memasang jaringan komputer pada tempat - tempat yang tak mungkin menggunakan kabel
  3. Pengurangan anggaran biaya: Meskipun investasi awal (biaya pemasangan awal) yang dibutuhkan relatif lebih tinggi dari biaya perangkat kabel LAN, tapi biaya instalasi keseluruhan serta biaya penggunaan dan perawatan dapat diperkecil. Keuntungan biaya jangka panjang akan sangat besar pada jaringan kabel apabila sering terjadi perpindahan dan perubahan jaringan.
  4. Kemampuan jangkauan: Jaringan WLAN dapat dipasang pada topologi yang bermacam - macam untuk mendapatkan kebutuhan instalasi dan pemakaian yang sesuai. Konfigurasi jaringan secara mudah dapat diubah dari jaringan peer to peer untuk jumlah pengguna yang sedikit menuju jaringan infrastruktur yang padat mencapai ribuan pengguna yang dapat menjelajah dengan jangkauan yang luas

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jaringan Wireless LAN atau Nirkabel"

Post a Comment