Pengertian Jaringan Komputer (Computer Network)

Pengertian Jaringan Komputer (Computer Network)Asslamualaikum, wr. wb Sahabat bloger...! Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung satu sama lain sehingga dapat digunakan untuk saling berbagi data, informasi, penggunaan hardware dan lain - lain untuk memudahkan manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Jaringan komputer ini berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi yang diakibatkan tingginya kebutuhan manusia terhadap alat pengolah data dan informasi. Hampir setiap perusahaan, kantor, sekolah, organisasi yang ada di dunia ini memiliki banyak komputer yang digunakan oleh banyak orang yang bekerja dalam kelompok mereka. Untuk memudahkan mereka dalam bekerja sama, maka semua komputer tersebut harus dihubungkan satu sama lainnya.

Keuntungan menggunakan jaringan komputer:
  1. Membagi sumber daya yang ada supaya dapat digunakan dengan cara bersama - sama. Dengan jaringan komputer ini kalau anda menggunakan komputer dan ingin mengakses data yang ada pada komputer lain dalam jaringan, maka anda dapat mengambilnya seolah - olah data tersebut ada di dalam komputer anda sendiri (Asyikkan?)
  2. Reliabilitas tinggi. Dengan menggunakan jaringan komputer kita akan memiliki sumber daya alternatif. Misalnya dengan jaringan komputer data yang kita olah atau pakai dapat disimpan atau dicopy ke beberapa komputer yang terhubung dalam jaringan sehingga apabila salah satu komputer rusak kita masih punya komputer lain untuk mengambil data.(Amankan?)
  3. Hardware sharing (berbagi perangkat). Jaringan komputer memungkinkan penggunanya untuk berbagi penggunaan hardware secara bersama - sama. Coba anda bayangkan kalau dalam sebuah kantor atau warnet yang terdiri dari 10 komputer tidak terhubung dalam jaringan, berapa banyak printer harus disiapkan untuk tiap komputer tersebut. Dengan jaringan komputer kita bisa menggunakan satu printer secara bersama - sama tanpa harus memindahkan kabel atau printer tersebut. Begitu juga dengan penggunaan scanner, CD / DVD ROM dan perangkat komputer lainnya. (Hematkan?)
  4. Keamanan (security) data terjamin. Dengan jaringan komputer memungkinkan administrator untuk dapat mengontrol data - data penting agar dapat diakses oleh pengguna yang berhak saja sehingga keamanan data lebih terjamin.
  5. Menghemat biaya. Anda bisa bayangkan kalau 10 komputer pada contoh 3 di atas harus dilengkapi 10 printer, berapa biaya yang harus dikeluarkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Jaringan Komputer (Computer Network)"

Post a Comment