Aljabar Boolean

Aljabar BooleanAljabar boole merupakan ilmu aljabar yang menggunakan hukum dan teori logika sebagai dasar perhitungannya. Keberadaan aljabar boolean ini sangat diperlukan dalam memecahkan berbagai masalah di dalam merencanakan suatu rangkaian logika yang nilai outputnya sangat tergantung kepada nilai inputnya. Jadi kalau boleh dikatakan aljabar bolean ini aljabar khas orangnya digital. he..he...Tapi jangan salah dulu logikanya tetap bisa dipakai dalam kehidupan sehari - hari. Pada aljabar boolean tanda + (plus) dapat kita identikan dengan gerbang logika dasar Or (Or Gate) sedangkan tanda kali (.) dapat kita identikan dengan gerbang logika dasar And (And Gate). Berikut ini adalah hukum dasar dari aljabar boolean:
  1. A + 0 = A   --> jadi jika input A = 0 maka output  = 0 begitu juga jika input A = 1 maka output                           = 1
  2. A  . 0 = 0    --> berapapun nilai A maka outputnya akan selalu 0
  3. A + 1 = 1    --> berapapun nilai A maka outputnya akan selalu 1
  4. A  .  1 = A  --> output atau hasilnya akan sangat bergantung pada nilai A. jika A = 1 maka                                  outputnya pasti 1, tapi jika A = 0 maka output atau hasilnya akan 0.
  5. A + A = A  --> jika A bernilai 1 sehingga A + A = 1 + 1  maka hasilnya akan 1 (berarti = A)                              begitu juga jika A bernilai 0 maka hasilnya akan 0 ( berarti juga  = A).
  6. A  . A =  A  --> hampir sama dengan penjelasan di atas (hanya beda tanda)
  7. A +  not A = 1 --> karena nilainya berlawanan maka penjumlahannya akan selalu 1
  8. A . not A = 0  --> karena nilainya berlawanan maka perkaliannya akan selalu 0
  9. bukan not A = A  --> jika A = 0, maka not A = 1 berarti bukan not A = 0

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aljabar Boolean"

Post a Comment