Cara Mengisi Data Otomatis di Excel dan Spreadsheet

Untuk memudahkan kita bekerja dalam spreadsheet, maka kita dapat memanfaatkan fasilitas pengisian data otomatis yang sudah disediakan. Dengan fasilitas ini kita dapat mengisi data secara otomatis asalkan data tersebut sebelumnya sudah kita entrikan. Sebagai contoh ketika kita memasukkan atau mengetik huruf  j, langsung muncul kata jumat. Jika kata-kata yang berawalan j lebih dari satu, maka semuanya akan muncul dan dapat kita pilih.
Mengisi Data Otomatis di Excel

Dengan demikian kita dapat menghemat waktu karena tidak perlu mengetik dari awal. Untuk mengaktifkan fasilitas isi data otomatis ini (jika belum aktif) dapat dilakukan langkah – langkah berikut ini.
1.    Klik spreadsheet button yang ada pada pojok kiri atas lembar kerja spreadsheet (kalau pada excel tombol office button), sehingga tampil gambar berikut.
Cara Mengisi Data Otomatis

2.      Pilih option, akan muncul tampilan kotak dialog option seperti gambar berikut.
Data Otomatis di Excel dan Spreadsheet

3.      Pilih edit pada bagian view sehingga muncul gambar berikut.
Cara Mengisi Data Otomatis di Excel dan Spreadsheet

4.      Lakukan ceklis pada “enable auto complite for cell values” kemudian pilih ok.
isi Data Otomatis di Excel


Untuk membuktikan sukses atau tidaknya silahkan lakukan penulisan beberapa kata berawalan sama di lembar kerja spreadsheet atau excel. Kemudian ketik huruf awal dari kata tersebut, maka akan muncul kata yang berawalan sama dan siap kita pilih. Dengan demikian kita tak perlu lagi menulis kata tersebut bukan? Selamat mencoba...!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengisi Data Otomatis di Excel dan Spreadsheet"

Post a Comment