Cara Membuat Catatan Kaki atau Footnote dan Endnote

Footnote merupakan catatan kaki yang biasanya digunakan untuk memberikan keterangan terhadap teks yang ada pada halaman isi yang tidak mungkin atau dianggap mengganggu jika dituliskan di halaman isi. Footnote ini biasanya banyak digunakan dalam artikel ilmiah seperti skripsi dan tugas akhir atau buku – buku keilmuan seperti kitab hadis, dan lain sebagainya. Tempat menuliskannya adalah pada bagian bawah (kaki) halaman. Hampir sama dengan footnote, endnote juga berfungsi untuk memberikan catatan, ulasan terhadap suatu kata atau kalimat yang ada di halaman isi, akan tetapi perbedaanya terletak pada tempat penulisan ulasan. Jika footnote terletak pada kaki halaman, maka endnote terletak pada halaman akhir dari halaman kerja.
Berikut ini merupakan langkah – langkah yang dapat dilakukan dalam membuat footnote dan endnote.
  1. Letakkan kursor pada akhir kata atau kalimat yang akan diberikan catatan atau ulasan. Sebagai contoh di sini kita ambil kata footnote.
  2. Klik menu references
    Catatan Kaki atau Footnote dan Endnote
  3. Pilih insert footnote untuk membuat catatan kaki sehingga muncul tampilan berikut pada bagian bawah halaman.
    Catatan Kaki atau Footnote dan Endnote.
  4. Tulis footnote yang diinginkan pada kolom tersebut, misalkan di sini kita buat “footnote merupakan catatan kaki”
  5. Setelah itu klik sembarang tempat di lembar kerja writer, maka kita akan melihat pada bagia bawah sudah ada catatan kaki yang dapat memperjelas kata yang kita inginkan.
  6. Jika kita ingin membuat endnote atau catatan di akhir dokumen, maka pada langka 3 kita dapat memilih end note, sehingga pada akhir dokumen kita akan muncul tempat membuat catatan.
  7. Setelah itu lakukan penulisan catatan atau ulasan pada bagian akhir halaman (endnote). Jika kita menggunakan microsoft word 2007 caranya dapat dilihat seperti gambar berikut.
    Catatan Kaki atau Footnote dan Endnote
Demikian cara singkat membuat catatan kaki (footnote) dan catatan akhir halaman (end note), semoga ada manfaatnya bagi yang membacanya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Membuat Catatan Kaki atau Footnote dan Endnote"