Gunakan fasilitas One Drive microsoft untuk menyimpan data anda

Tidak mau ketinggalan dari google, samsung dan penyedia awan drive lainnya, microsoft juga memberikan layanan tempat penyimpanan data cuma - cuma atau gratis bagi pengguna aplikasinya. Hebatnya lagi, aplikasi one drive tidak hanya untuk diinstalkan pada sistem operasi berbasis microsoft saja, melainkan juga dapat dinikmati pada aplikasi lain seperti android. Sebuah terobosan baru dari microsoft yang mantap untuk dinikmati pengguna handphone, laptop ataupun perangkat canggih lainnya yang memanfaatkan teknologi internet. Namun demikian untuk dapat menikmatinya pengguna harus memiliki akun microsoft terlebih dahulu.
Apa sebenarnya one drive itu? jawaban sederhananya adalah one drive merupakan sebuah drive yang dapat digunakan untuk menyimpan data-data digital seperti gambar, vidio, pdf dan dokumen lainnya dalam suatu drive yang disediakan microsoft (orang bilang di awan). Drive ini bisa diakses dari mana saja dan kapan saja oleh pengguna atau pemilik akun microsoft asalkan dia terhubung dengan internet. 
One Drive microsoftPada dasarnya teknologi ini sama saja seperti jaringan komputer dimana data data yang ada diserver bisa diakses dari klien seolah - olah data tersebut ada di komputer klien. Jika kita memasang one drive di komputer kita (biasanya yang ori langsung terpasang) maka di windows explorer akan terlihat sebuah drive khusus yang diberi nama one drive. Drive ini dapat kita isi dengan data data penting kita sehingga apabila terhubung ke internet data tersebut akan secara otomatis tersimpan di awan drive yang sudah disediakan microsoft untuk kita. Dengan demikian data - data yang kita masukkan difolder ini akan dapat dengan mudah kita akses dari tempat lain (komputer lain atau handphone) dengan syarat komputer atau handphone tersebut terhubung ke internet.
Dengan one drive ini sebenarnya kita juga mendapat tambahan kapasitas simpanan, karena pada dasarnya file - file yang ada, tersimpannya bukan di komputer kita melainkan di awan drive microsoft. Jadi dengan one drive ini kita bisa berhemat memory disk. Selain menghemat memory, one drive ini juga dapat kita jadikan alat untuk memindahkan data dari handphone atau smartphone ke perangkat komputer kita secara otomatis. Jadi kita tak terlalu perlu lagi tergantung pada kabel data atau bluetooth untuk memindahkan datanya. Hanya saja pemindahan datanya memerlukan sambungan wifi agar lebih kencang dan hemat (kalau lewat data seluler bisa saja diatur akan tetapi akan memakan banyak paket data).
Bagaimana cara mendapatkan one drive ini? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa laptop atau komputer yang ori biasanya sudah terinstal aplikasi one drive (karena kita sudah memiliki akun di microsoft). Jika kita sudah memiliki one drive di laptop, sekarang kita tinggal memasang atau menginstalkan one drive di handphone atau smartphone android kita dengan cara sebagai merikut.
  1. Pastikan handphone atau smartphone terkoneksi ke internet
  2. Buka aplikasi google play store kemudian cari aplikasi one drive microsoft
  3. Lakukan penginstalan aplikasi tersebut.
  4. Masukkan akun microsoft yang kita miliki ketika diminta dalam proses penginstalan. Jika belum punya akun microsoft, kita bisa buat akun dengan memanfaatkan aplikasi akun microsoft pada google play store.
  5. Tunggu hingga selesai
Setelah melakukan penginstalan, maka secara otomatis (difault) biasanya proses upload foto yang ada di handphone kita berjalan. Untuk mengatur proses upload sesuai dengan waktu yang kita perlukan (agat tidak menganggu kinerja handphone sebab jika filenya banyak akan memakan waktu yang lama) maka kita dapat melakukan pengaturan upload pada tombol pengaturan. Jika proses upload selesai, maka foto-foto dan dokumen yang ada di handphone kita akan dapat kita akses dari komputer kita. Luar biasa bukan? 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gunakan fasilitas One Drive microsoft untuk menyimpan data anda"

Post a Comment