Cara menghemat memory disk handphone, smartphone dan tablet

Pernahkah Handphone Anda mengalami kekurangan memory simpanan? Atau apakah Anda pernah mendapatkan pesan "memory penuh" dari handphone tercinta, padahal ketika membeli handphone Anda sudah memilih yang memory disknya paling besar? Bagi Anda yang tidak mengalaminya syukurlah, berarti handphone Anda memang mempunyai memory disk yang sangat besar atau mungkin Anda belum maksimal menggunakan perangkat tersebut terutama aplikasi kameranya. Bagi yang mengalami kekurangan memory disk, tak usah khawatir karena kita masih bisa mensiasatinya dengan beberapa cara yang akan saya jelaskan nanti.
memory disk handphone, smartphone dan tabletJika kita lihat, terjadi perkembangan memory simpanan pada perangkat handphone yang sangat cepat mengiringi perkembangan perangkat handphone tersebut. Dulu rata-rata ukuran memory simpanan hanya dalam satuan Mega Byte (MB) dan built in dengan perangkatnya (tidak bisa dipisahkan dari perangkat). Sekarang ukuran memory sudah dalam satuan Giga Byte (GB) dan statusnyapun double atau terdapat dua jenis memory simpanan yaitu memory internal (built in) dan memory eksternal yang dapat kita copot, ganti dengan yang lebih besar.
Besarnya ukuran memory simpanan ini merupakan tuntutan kebutuhan pengguna dan kesiapan perangkat dalam menggunakannya. Berikut ini merupakan beberapa faktor yang mengharuskan (menyebabkan) memory simpanan handphone menjadi besar:
  1. Perkembangan teknologi yang memungkinkan pabrik untuk membuat memory disk yang ukuran kapasitasnya sangat besar tetapi dari ukuran fisik menjadi lebih kecil dari sebelumnya (micro SD)
  2. Perkembangan teknologi handphone terutama prosesor dan RAM nya sehingga memungkinkan untuk dipasang memory disk yang sangat besar.
  3. Perkembangan kamera handphone yang sampai saat ini sudah mencapai belasan mega pixel sehingga menghasilkan tangkapan gambar yang sempurna. Tangkapan gambar yang sempurna biasanya akan membuat ukuran memory gambar menjadi besar (rata rata 2 sampai 5 MB), sehingga dibutuhkan memory simpanan yang besar untuk dapat menyimpan gambar dan video yang banyak.
Selain digunakan untuk menyimpan gambar hasil jepretan kamera, handphone juga biasa digunakan untuk menyimpan berbagai data dokumen (word, excel, pdf  dan lain - lain) sehingga meningkatkan penggunaan kapasitas memory. Padahal perangkat handphone biasanya mensyaratkan sekian persen dari memory harus dikosongkan agar handphone berjalan lancar atau normal. Jika terjadi kekurangan memory kosong, biasanya handphone akan puyeng sihingga terjadi hang yang cukup untuk membuat hati pengguna kesal (apalagi si handphone, pasti dia lebih kesal karena tuannya tak mengerti dengan penderitaannya..he). 
Nah! untuk mengurangi (kalau tidak bisa menghilangkan) kejadian kekurangan memory dapat kita lakukan beberapa tips berikut ini:
  1. Secara rutin memindahkan data ke perangkat lain seperti PC atau laptop. Tapi cara ini hanya bagi yang rajin mindahin dan yang punya laptop ya.
  2. Dengan memperkecil ukuran gambar hasil tangkapan (gunakan alat penkompres atau pengedit ukuran pixel gambar)
  3. Senantiasa melakukan pembersihan penggunaan memory beberapa aplikasi yang terisntal seperti google crome, youtube, game dan lain - lain sehingga dapat melegahkan memory terutama yang terinstal di memory internal. Caranya dapat anda lihat di sini
  4. Dengan memanfaatkan memory gratis seperti dropbox, google drive, one drive microsoft dan lain - lain.
Menurut saya, cara yang paling enak adalah memanfaatkan fasilitas dropbox, drive dan onedrive dalam menyimpan data yang ada di handpone kita. fasilitas dropbox, drive dan onedrive merupakan salah satu fasilitas penyimpanan yang disediakan oleh pengembang seperti google, microsoft dan lain - lain yang memungkinkan kita untuk menyimpan data secara gratis. Ukuran simpanannya pun luar biasa seperti one drive (microsoft ) menyediakan space 5 GB (sebelumnya 30 GB) gratis dan kalau lebih besar harus membayar. Drive juga menyediakan 15 GB gratis, Dropbox 5 GB gratis. Jadi kalau kita bisa menggunakan ke tiganya di handphone kita, maka kita akan mendapatkan minimal 25 GB memory gratis. Luar biasa bukan??? Untuk penjelasan cara menggunakan dan apa keuntungan dari aplikasi ini akan saya jelaskan pada artikel berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara menghemat memory disk handphone, smartphone dan tablet"

Post a Comment