Cara membersihkan atau menghapus data pada berbagai aplikasi di Handphone Android

Salah satu penyebab penuhnya memory handphone adalah adanya data yang tersimpan pada berbagai aplikasi yang kita gunakan. Tanpa kita sadari (bagi yang tidak menyadari tapi ya...he) setiap aplikasi yang kita gunakan di handphone seperti crome, game, youtube dan lain - lain akan menyebabkan tersimpanya berbagai data yang sudah kita gunakan (kita buka) di aplikasi tersebut. Sebagai contoh aplikasi "internet" di handphone android yang ukurannya hanya 4,00 KB jika kita selalu memakainya untuk browsing internet, maka aplikasi ini akan selalu menyimpan data-data yang kita buka (semacam chace memory) hingga puluhan bahkan ratusan MB. Jika semua aplikasi yang kita gunakan menyimpan data-data sebanyak ini, maka akan menyebabkan pemakaian memory handphone yang besar yang bisa menyebabkan down atau hang. 
Cara hapus data  aplikasi di Handphone AndroidMemang adakalanya kita juga membutuhkan data data yang tersimpan ini untuk memudahkan kita dalam memakai aplikasi. Misalnya jika kita menggunakan aplikasi "internet" untuk browsing, maka alamat alamat yang kita buka akan disimpan di dalam aplikasi sehingga ketika suatu saat kita membuka lagi aplikasi intenet tersebut, ketika kita mengetik beberapa huruf saja, maka alamat yang pernah kita buka akan muncul dengan cepat. Akan tetapi jika data data tersebut menumpuk banyak dan menyebabkan handphone lelet karena kehabisan memory, maka akan lebih baik bagi kita untuk mengosongkannya secara berkala.
Bagi yang berminat untuk mengosongkan atau membersihkan data-data (chace memory) ini dapat diikuti langkah langkah berikut.
  1. Buka pengaturan yang ada di handphone Android Anda
  2. Pada tab menu silahkan pilih menu "lainnya" (sesuaikan dengan aplikasi anda karena bisa saja bukan di menu ini)
  3. Pilih sub menu "aplikasi" sehingga muncul berbagai aplikasi yang sudah anda download
  4. Pilih aplikasi yang ingin anda bersihkan datanya (misalkan aplikasi browsing "internet")
  5. Akan muncul data data aplikasi internet seperti hentikan aplikasi, pindahkan , hapus data dan lain - lain. Pada bagian ini Anda dapat melihat ukuran aplikasi ini yang sebenarnya berapa dan berapa ukuran data yang sudah disimpannya.
  6. Pilih hapus data dan tunggu hingga muncul angka 0 pada bagian data yang menandakan proses penghapusan data sukses
  7. lakukan hal yang sama terhadap aplikasi lainnya.
Cara di atas adalah jika kita menggunakan fasilitas yang sudah disediakan oleh sistem operasi android (bawaan handphone) kita. Selain cara itu kita juga dapat melakukan pembersihan atau pengosongan data dengan menggunakan aplikasi pihak ke tiga seperti PC cleaner atau Baidu. Anda dapat menginstalkan aplikasi ini terlebih dahulu melalui gogle play store. Tapi harus berhati hati juga menggunakan aplikasi pihak ketiga ini walaupun caranya lebih mudah dan simpel jika dibandingkan dengan cara bawaan di atas. Tetapi demi keamanan handphone, saya sarankan cukup dengan cara pertama saja. Bedanya dengan cara di atas adalah, pada aplikasi baidu kita dapat membersihkan data data ini sekaligus tanpa harus memilihnya satu demi satu. Selain itu pada aplikasi ini juga ada fasilitas lain seperti antivirus, pengujian kecepatan internet dan lain - lain. 
Demikian cara singkat untuk membersihkan data yang tersimpan di aplikasi handphone android semoga ada manfaatnya. Jika manfaat tolong di share ya jika tidak  dan ada kesalahan silahkan beri masukkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara membersihkan atau menghapus data pada berbagai aplikasi di Handphone Android"

Post a Comment