Mengenal Beberapa Sistem Operasi Komputer

Sistem Operasi (operating system) merupakan software yang digunakan untuk menjalankan setiap perangkat komputer dan smartphone yang ada di dunia. Tanpa sistem operasi ini perangkat perangkat canggih ini tidak akan berguna sama sekali dan hanya cocok untuk hiasan saja. Pada sistem operasi inilah menempelnya berbagai macam aplikasi yang dapat membantu berbagai macam pekerjaan dan kebutuhan manusia.
Mengenal Beberapa Sistem Operasi KomputerSaat ini sudah banyak sekali sistem operasi yang dilahirkan pihak pengembang sesuai dengan kebutuhan dan berkembangnya perangkat keras komputer. Diantaranya ada pemain lama yang terus berubah mengikuti kemajuan perangkat keras dan ada juga pendatang baru yang menggemparkan dunia dan bahkan mengalahkan pendahulunya.
Secara umum sistem operasi yang berkembang saat ini dapat dikelompokan menjadi dua yaitu open source dan close source (maksudnya bukan open source sob). Sistem operasi open source merupakan sistem operasi dengan kode sumber terbuka dan dapat dikembangkan oleh siapa saja yang mau sehingga perkembangannya sangat pesat dan memiliki varian yang banyak sekali. Sistem operasi ini sifatnya tidak berbayar sehingga dapat dengan mudah dipakai, disebarkan dan dikembangkan oleh siapa saja (halal and toyib sob). Sedangkan sistem operasi non opensource (close source) tidak dapat dikembangkan oleh siapapun kecuali si pengembang dan biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal (relatif). Dari masing - masing kedua jenis itu memiliki kelebihan dan kekurangan  tergantung dari cara menilainya. 
Berikut ini beberapa sisem operasi (operating system) yang pernah ada di dunia yang panah ini:
sistem operasi unix
UNIX merupakan sistem operasi yang diciptakan oleh ken Thompson dan Dennies Ritchie dan dikembangkan oleh AT & T Bell Labs. UNIX dirancang untuk sistem operasi yang portable, multi tasking dan multi user. Sistem operasi ini lebih menekankan pada workstation dan server. Karena faktor ketersediaan dan kompatibilitas yang tinggi menyebabkan UNIX dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi sehingga dikembangkan oleh banyak pihak yang pada akhirnya melahirkan banyak sekali varian.
sistem operasi linux
Sistem operasi ini awalnya dikembangkan oleh Linus Torvalds yang pada mulanya merupakan emulasi terminal yang dibutuhkan untuk mengakses server UNIX di universitasnya. Sistem operasi ini merupakan kloning dari MINIX  (salah satu varian UNIX). Peralatan dan sistem libarary nya umumnya berasal dari sistem operasi GNU.
LINUX memiliki banyak disain yang bersasal dari disain UNIX, menggunakan kernel monolitik yaitu kernel UNIX yang digunakan untuk mengontrol proses, jaringan, peripheral dan pengaksesan file sistem. Sama seperti UNIX sistem operasi LINUX pun dapat dikendalikan oleh satu atau lebih antar muka baris perintah (Command Line Interface /CLI) berbasis teks dan antar muka berbasis grafik (Grafical User Interface/GUI) sehingga lebih mudah digunakan.
sistem operasi ibm
Sistem operasi IBM OS/2 (Operating System/2) dibuat secara bersama sama oleh International Bussines Machine Corporation untuk digunakan pada komputer IBM sebagai pengganti sistem operasi DOS. Sistem operasi ini dirancang agar dapat menggunakan secara penuh kemampuan microprosesor interl 80286 termasuk diantaranya modus terproteksi (protected mode), mampu menjalankan tugas secar simultan, mendukung memory virtual dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak perangkat lunak MS DOS yang berkembang saat itu.
sistem operasi mac os
Sistem operasi MAC OS (Macintosh Operating System) merupakan sistem operasi yang dirancang dan dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer macintosh dan tidak kompatibel dengan sistem komputer IBM. Sistem operasi ini merupakan pelopor dalam menggunakan sistem operasi berbasis grafik (Grafical User Interface / GUI).
sistem operasi windows
Sistem operasi Microsoft Windows atau yang lebih sering disebut windows ini merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan software terbesar yaitu Microsoft Corporation dengan menggunakan antar muka berbasis Grafis (Grafical User Interface / GUI ). Sistem operasi ini bermula dari sistem operasi MS DOS (Microsoft Disk Operating System) yang kerjanya berbasis teks dan command line interpreter /CLI. Windows versi pertama adalah Windows Grafic Environment 1.0 yang bekerja pada arsitektur 16 bit yang masih berjalan pada microsoft DOS ( untuk menjalankannya masih membutuhkan MS DOS). MS DOS sendiri sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer Seattle Computer Products yang kemudian direkrut dan dibeli lisensinya oleh microsoft.
Sistem operasi Chrome
Merupakan sistem operasi besutan google yang ringan dan berbasis LINUX dan standar Web untuk komputer personal. Bekerja dengan metode windowing dan multitasking (switching). Di rilis pada tahun 2010 dan terlihat seperti menggabungkan linux dan windows vista.
Demikian penjelasan singkat beberapa sistem operasi yang ada saat ini yang masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan bergantung pada penilaian penggunanya. Jika dirasa bermanfaat silahkan share artikel ini, jika salah silahkan diberi masukkan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Beberapa Sistem Operasi Komputer"

Post a Comment