Jenis-Jenis Kapasitor atau Kondensator

Jenis Kapasitor atau KondensatorJika dilihat dari polaritas kakinya, maka kita dapat membedakan kapasitor atau kondensator menjadi dua yaitu kapasitor polar (bipolar) dan kapasitor non polar. Kapasitor polar memiliki kutup positif dan negatif sehingga tidak boleh terbalik dalam pemasangannya, sedangkan kapasitor non polar tidak memiliki kutup positif dan negatif jadi bebas cara pemasangannya. Berdasarkan cara penyimpanan muatan listriknya kita juga dapat membedakan kapasitor menjadi dua yaitu kapasitor tetap dan kapasitor variabel.
Kapasitor Tetap
Kapasitor tetap merupakan kapasitor atau kondensator yang mempunyai kapasitas yang tetap dalam menyimpan muatan listriknya. Kapasitor ini meliputi kapasitor polar dan non polar. Kapasitor tetap biasanya dibuat dari bahan mika, keramik, polyester, elektrolit dan lain lain. Kapasitor tetap yang mempunyai polaritas biasanya diberi simbol sebagai berikut.
simbol kapasitor elco
Sedangkan kapasitor tetap yang tidak memiliki polaritas diberi simbol seperti gambar berikut.
simbol kapasitor non polar
Ukuran kapasitas kapasitor tetap polar (elco) biasanya ditulis dengan angka aslinya, sedangkan non polar biasa menggunakan angka yang harus diterjemahkan lagi menurut aturan tertentu. Tetapi ada juga yang sudah ditulis langsung nilai kapasitasnya. Selain dengan angka kapasitas kapasitor juga ada juga dengan menggunakan kode warna seperti halnya resistor. Untuk mengetahui kapasitas kapasitor bisa anda baca cara membaca nilai kapasitas kapasitor.
Kapasitor Variabel
Kapasitor ini merupakan jenis kapasitor yang kemampuannya dalam menyimpan muatan listrik dapat diubah - ubah. Kapasitor variabel ini ada yang mempunya elektrikum udara dan ada juga yang elektrikumnya terbuat dari mika. Cara mengubah muatan listriknya ada dengan memutar dengan tangan dan ada juga yang harus di trim pakai trimer. kapasitor variabel yang diputar dengan tangan biasa disebut varco (variable condensator) sedangkan yang diputar pakai trimer sering disebut dengan kapasitor trimer. Adapun simbol dari kapasitor varibel (varco) sebagai berikut.
simbol kapasitor variabel 
gambar varco besi dan varco plastik
Sedangkan untuk kapasitor variable yang ditrim atau kapasitor trimer biasanya diberi simbol seperti gambar berikut.
simbol kapasitor trimer 
gambar kapasitor tirmer
Kapasitor varibel ada yang dibuat dari pelat tembaga atau aluminium dengan badan besi (biasa disebut varco besi) dengan dielektirikum udara dan ada juga yang dielektrikumnya dari mika seperti kertas plastik dan dibungkus juga dengan plastik. Keduanya biasanya digunakan dalam radio transistor untuk mencari gelombang atau frekuensi radio (kalau sekarang umumnya teknologi radio sudah digital punya walaupun masih ada juga yang menggunakan varco).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Kapasitor atau Kondensator"

Post a Comment