Jenis-Jenis Dioda dan Penggunaannya

Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan bahwa dioda merupakan komponen elektronika yang dapat difungsikan sebagai penyearah arus atau tegangan listrik. Selain dapat berfungsi sebagai penyearah arus atau tegangan listrik bolak balik, dioda juga dapat digunakan untuk fungsi lain (tergantung dari jenis diodanya) seperti untuk penstabil tegangan listrik, Lampu penerangan atau penghasil cahaya dan alat kontrol arus listrik yang dapat digunakan untuk rangkaian kontrol elektronika. Berikut ini merupakan penjelasan singkat dari jenis-jenis dioda yang ada saat ini dan fungsinya dalam rangkaian elektronika.
  1. Dioda penyearah atau rectifier: Yaitu dioda yang difungsikan untuk menyearahkan arus bolak balik (ac) yang berasal dari jala jala listrik menjadi arus searah (dc) sehingga dapat dipergunakan untuk berbagai macam rangkaian elektronika.
    dioda penyearah rectifier
  2. Dioda zener: merupakan jenis dari dioda yang digunakan untuk menstabilkan tegangan listrik. Dioda ini dipasang secara terbalik dalam rangkaian (bias mundur) dan memiliki beberapa standar tegangan. Sebagai contoh dioda zener 9 volt akan menghasilkan output tegangan stabil sebesar 9 volt walaupun tegangan yang diterimanya di atas 9 volt. Jadi dengan menggunakan dioda ini kita dapat merancang catudaya untuk keperluan tegangan tertentu.
    dioda zener
  3. Dioda LED (light Emiting Diode) yaitu jenis dioda yang dapat mengemisikan atau memancarkan cahaya. Dioda ini banyak digunakan dalam perangkat elektronika dalam berbagai macam warna cahaya. Bahkan sesuai perkembangannya saat ini dioda LED banyak yang digunakan sebagai sarana penerangan (lampu) darurat yang sangat hemat energi listrik dan merupakan komponen optoelektronik.
    dioda LED
  4. Dioda poto (photo diode) : Salah satu jenis dioda yang sangat peka terhadap cahaya yang mengenainya. Dioda yang dibuat dari bahan semikonduktor silikon dan germanium ini banyak digunakan sebagai alat sensor elektronik, alarm dan pengukur cahaya (lux meter).
    dioda photo
  5. Dioda varaktor yaitu salah satu jensi dioda yang bisa memiliki kapasitas yang bergantung kepada tegangan yang diberikan kepadanya. Jika tegangan yang diberikan besar maka kapasitasnya akan kecil sebaliknya jika diberikan tegangan yang rendah kapasitasnya akan besar. Dioda ini dibias secara mundur dan banyak digunakan dalam televisi, radio untuk pengaturan suaranya.
    dioda varactor
  6. SCR atau silicon control rectifier yaitu merupakan salah satu jenis dioda yang berfungsi sebagai alat kontrol. Pada dioda jenis ini terdapat satu tambahan kaki yang disebut dengan gate atau gerbang yang nantinya akan digunakan untuk melakukan kontrol tegangan atau arus. SCR ini dapat kita fungsikan sebagai saklar kontrol dan bisa juga sebagai alat pengendali atau remote control.
    dioda scr

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Jenis-Jenis Dioda dan Penggunaannya"