Cara Membuat Perangkap Tikus Elektrik

Cara Membuat Perangkap Tikus ElektrikTikus merupakan salah satu binatang yang banyak hidup di perumahan tempat kita tinggal apalagi di kota kota besar dan padat penduduk. Keberadaan binatang ini di rumah kita memang tidak diinginkan karena menimbulkan banyak kerugian. Beberapa kerugian yang diakibatkan tikus adalah rusaknya beberapa properti akibat gerogotan, maklum binatang yang satu ini punya gigi yang tajam yang bisa melumat benda2 yang ada di rumah kita. Binatang ini juga sering melakukan pencurian makanan dan bahkan melakukan penimbunan di tempat tempat tertentu. Sering membuat keributan di bagian atas rumah terlebih di malam hari. Makanan yang ditimbun dan kotorannya menimbulkan jorok di beberapa sudut rumah. Bisa menimbulkan penyakit bagi si penghuni rumah dan bahkan ada juga tikus yang menggigit manusia hingga menimbulkan kematian.
Pada zaman dahulu tikus ini bisa hilang kalau di rumah, kita memelihara kucing. Tapi untuk saat ini ada atau tidak adanya kucing di rumah kita sama saja. Entah ini karena pengaruh perkembangan zaman atau mungkin karena tikus sama kucing sering menonton tom and jerry yang menyebabkan tikus jadi lebih berani dan kucing jadi penakut sehingga tikus menjadi leluasa. Biarlah para peneliti untuk melakukan penelitiannya tentang ini, yang penting sekarang marilah kita berpikir bagaimana cara untuk mengusir binatang ini dari rumah kita.
Ada banyak cara yang sudah dilakukan dalam upaya mengusir sang tikus ini diantaranya melalui racun tikus, lem tikus, perangkap tikus dan berburu tikus. Semua cara ini tentu mempunya kelemahan dan kelebihan masing-masing. Bagi yang hobi berburu silahkan nikmati hobinya dalam berburu tapi jangan bikin gaduh rumah apalagi tetangga. Yang suka memberi racun juga harus hati hati, jangan sampai racunnya dimakan si dia bukan si tikus. Jangan sampai juga tikus yang kena racun masuk ke sumur, atau menginap sampai tinggal tulang belulag di atas rumah. Hati hati juga supaya jangan sampai dimakan oleh kucing kesayangan. 
Pada artikel kali ini saya mencoba untuk berbagi cara dalam menangkap (lebih tepatnya membasmi) tikus dengan menggunakan rangkaian elektronika sederhana dan dengan biaya yang relatif murah. Saya berharap cara ini dapat menambah khasana perburuan tikus di alam jagad raya yang fanah ini. Kenapa saya katakan murah, karena alat ini hanya membutuhkan dua jenis komponen elektronika saja dan bahkan tidak mesti harus menggunakan komponen elektronika yang baru. Jika mau gratis benaran sobat bisa cari komponen elektronika dari barang rongsokan sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya.
Teknik ini hanya memanfaatkan kapasitor sebagai komponen utamanya dan dibantu dengan dioda untuk meratakan tegangan listrik. Kenapa harus kapasitor? Kita tahu kapasitor dapat berfungsi untuk menyimpan muatan listrik dalam jangka waktu yang lama (selagi tidak dilakukan hubungan singkat pada kakinya). Kenapa kita perlu dioda? karena kita akan menyearahkan tegangan listrik PLN dengannya sehingga tegangan yang disearahkan dioda dapat kita hubungkan ke kapasitor tersebut.
Alat dan Bahan
Cara kerja alat
Tegangan listrik ac PLN diumpakan ke dioda untuk disearahkan (bisa setengah gelombang dan bisa juga gelombang penuh). Tegangan searah dari dioda diberikan ke kapasitor yang berkapasitas besar dan tegangan kerja 1000 volt (untuk mendapatkan tegangan yang kuat kita bisa paralelkan kapasitor besar ini beberapa buah). Setelah beberapa menit cok listrik dilepaskan. Sekarang kapasitor sudah tersimpan muatan listrik yang sangat besar (apalagi kalau lebih dari 1 kapasitor) yang siap kita gunakan untuk melakukan penyetruman. Muatan yang ada dalam kapasitor ini akan tetap ada sampai kedua kaki kapasitor kita lakukan hubungan singkat (disatukan). Agar dapat digunakan untuk menyetrum tikus, maka kita bisa merancang tempat bisa papan terbuka atau dibuat seperti terowongan (tergantung yang mendisain) yang padannya (lantainya) kita bentangkan dua utas kawat yang disusun sedemikian rupa (usahakan selang seling) yang terhubung ke kutup positif dan negatif kapasitor. Ketika tikus melewati terowongan atau papan ini, maka tikus akan menghubungkan kutup positif dan negatif kapasitor yang bermuatan listrik besar tadi sehingga dengan izin Allah jantungnya akan berhenti berdetak (sekurang kurangnya pingsan). 
Untuk memaksimalkan kinerjanya, perangkap ini usahakan ada dindingnya kiri kanan untuk mencegah kemungkinan tikus melompat (yang beruntung). Tapi sebetulnya dengan tegangan yang sebesar itu sulit bagi tikus untuk berkutik, bahkan manusia saja kalau menyentuhnya bisa saja jantungnya berhenti berdetak. Kemudian letakkan di tempat tempat yang biasa dilewati tikus. Jika perlu berikan umpan yang tidak membuat tikus curiga (maklum tikus sekarang sudah pintar2),
Agar tidak membahayakan manusia jangan letakkan di tempat yang mudah dijangkau terutama anak anak. Kalau sedang tidak dipakai usahkan muatan listriknya dikosongkan dengan cara menjatuhkan besi atau obeng ke atas kawatnya (biasanya keluar percikan api dan bunyi letupan kecil). Yang paling ramah itu dengan menggunakan multimeter skala ribu volt.
Komponen yang digunakan adalah satu atau dua dioda (boleh juga 4 dioda untuk sistem jembatan) dan satu atau lebih (saya sarankan 5 buah) kapasitor 5000 mikro farad dengan tegangan di atas 400 volt (kalau ada 1000 volt). Kapasitor sebesar ini memang agak mahal harganya tapi kalau bisa cari yang rongsokan saja seperti di TV dan Monitor Komputer bekas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Perangkap Tikus Elektrik"

Post a Comment