Kumpulan Istilah yang Dipakai Dalam Teknik Digital

Kumpulan Istilah yang Dipakai Dalam Teknik DigitalDalam teknik digital, kita akan mengenal berbagai macam istilah atau kata yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu tentang ilmu digital. Jika kita tidak kenal dengan istilah - istilah yang digunakan tersebut akan menghambat kita dalam memahami berbagai macam ilmu dalam teknik digital. Untuk memudahkan kita dalam mengenal istilah - istilah yang biasa digunakan dalam teknik digital ini, bisa kita baca kumpulan istilah yang digunakan dalam teknik digital berikut ini.

Accumulator : Nama lain dari register yang artinya suatu rangkaian yang dapat digunakan untuk melakukan penyimpanan data digital.

AD Converter : Suatu alat yang dapat menkonversi atau mengubah informasi yang berbentuk analog ke dalam informasi berbentuk digital.

Address Register : Register di dalam unit suatu pengolahan yang berisikan alamat "operasi" yang sedang dalam pemakaian.

Algol (algorithmic language) : Bahasa aritmatik yang sesuai untuk memecahkan masalah dengan perhintungan numerik.

Alpha Numerik : Kombinasi dari huruf dan angka.

Analog : Suatu cara yang dipakai untuk membandingkan suatu keadaan dengan keadaan lain dengan menggunakan besaran angka.

And Gater : Merupakan gerbang logika dasar yang outputnya akan 1 jika seluruh inputnya bernilai 1 dan outputnya akan 0 jika salah satu atau seluruh inputnya bernilai 0.

Arithmatic Logic Unit (ALU) : Suatu unit dari komputer yang bertugas melaksanakan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

ASCI (American Standard Code For Information) : Merupakan susunan kode untuk mempresentasikan huruf, simbol dan karakter khusus lainnya dalam suatu sistem bilangan.

Asyncronous Counter : Counter yang prinsip kerjanya berdasarkan rangkaian secara berurutan sehingga prosesnya memakan waktu yang cukup lama.

Base : Nama lain dari radix yang berarti banyaknya angka atau digit yang digunakan dalam suatu sistem bilangan.

BASIC (Beginner's All Purpose Symbolic Instruction) : Suatu bahasa pemrograman yang dipakai dalam masalah - masalah ilmiah.

BCD (Binary Code Decimal) : Suatu sistem atau cara untunk mengkodekan bilangan desimal dengan angka-angka biner.

Biner : Sistem bilangan yang mempunyai radix atau basis dua yaitu 0 dan 1.

Bistabil Multivibrator : Suatu rangkaian logika yang memiliki dua kondisi keadaan output yang stabil (merupakan nama lain dari flip - flop).

BIT (Binary Digit) : Suatu unit data digital yang paling kecil. Satu bit disamakan dengan angka 1 atau angka 0. Jadi 1110 merupakan angka digital yang terdiri dari 4 bit.

Boolean Aljabar (Aljabar Boolean) : Suatu pernyataan logika yang dimanipulasikan ke dalam suatu bentuk aljabar untuk menetapkan benar atau salahnya suatu persamaan.

Byte : Merupakan suatu kumpulan informasi yang mempunyai 8 bit data.

Central Processing Unit (CPU) : Suatu unit pengolahan dalam komputer yang berfungsi sebagai penghitung dan pengontrol suatu sistem input output.

Character : Simbol simbol dasar yang dapat disusun untuk menyatakan suatu informasi. Misalnya adalah angka 0 sampai 9, huruf A sampai dengan Z.

Chip : Suatu rangkaian terpadu yang di dalamnya dibentuk oleh  suatu rangkaian terintegrasi (Integrated Circuit) yang membentuk suatu modul yang kecil.

Clear : Proses penghapusan dari suatu nilai variabel yang mempunyai nilai atau isi "1" menjadi nilai "0".

CMOS (Complementry Metal Oxide Semi Conductor) : Suatu bentuk IC (integrated circuit) yang dibuat sedemikian rupa sehingga konsumsi dayanya sangat kecil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kumpulan Istilah yang Dipakai Dalam Teknik Digital"

Post a Comment