Gerbang Logika Dasar

Gerbang LogikaDalam teknik digital dikenal dengan adanya tujuh gerbang logika dasar (basic gate) yaitu And Gate, Or Gate, Not Gate, Nand Gate, Nor Gate, Exor Gate, Exnor Gate. Dari gerbang - gerbang dasar inilah semua rangkaian digital dibentuk. Sebetulnya kalau mau kita rinci lagi, yang paling dasar dari tujuh gerbang tersebut  adalah tiga gerbang yaitu And Gate, Or Gate dan Not Gate. Kemudian dari tiga gerbang dasar ini kita bisa membentuk 4 gerbang dasar lainnya yaitu Nand Gate, Nor Gate, Exor Gate, Exnor Gate. Untuk lebih mengenal bentuk dan karakter dari ketujuh gerbang logika dasar tersebut anda bisa membaca penjelasan berikut ini.
  1. Not Gate (gerbang not). Gerbang ini sering juga disebut dengan istilah inverter. Merupakan gerbang logika dasar yang nilai outputnya kebalikan dari nilai inputnya. Jika inputnya bernilai 1 (high) maka outputnya akan bernilai 0 (low). Begitu juga sebaliknya jika inputnya 0 (low) maka outputnya akan bernilai 1 (high). Not gate biasanya diberi simbol seperti gambar berikut. 
    Not Gatetabel kebenaran
    dari gambar terlihat jika input A bernilai 0 maka output B akan bernilai 1 begitu juga apabila input A bernilai 1 maka output B akan bernilai 0.
  2. And Gate (gerbang and) : merupakan gerbang logika dasar yang outputnya hanya akan 1 (high) jika seluruh inputnya bernilai 1 (high) dan outputnya akan 0 (low) jika salah satu atau seluruh inputnya bernilai 0 (low). simbol dan tabel kebenarannya dapat dilihat pada gambar berikut,
    and gate tabel kebenaran and gate
  3. Or Gate ( gerbang or) : merupakan gerbang logika dasar yang outpunya akan 1 (high) jika salah satu atau seluruh inputnya 1 (high) dan outputnya akan 0 (low) jika seluruh inputnya bernilai 0 (low). simbol dan tabel kebenarannya dapat dilihat pada gambar berikut.
    or gate   truth table or gate

  4. Nand Gate (gerbang nand): Nand merupakan singkatan dari Not And. dari namanya dapat kita pahami bahwa gerbang nand adalah gabungan dari gerbang not dan gerbang and. Gerbang nand ini outputnya akan 1 jika salah satu atau seluruh inputnya 0 dan outputnya akan 0 jika seluruh inputnya bernilai 1 (berarti kebalikan dari gerbang and). Simbol dan tabel kebenarannya dapat dilihat pada gambar berikut.
    NAND gate  tabel kebenaran
  5. Nor Gate ( gerbang nor) : Seperti halnya nand gate, nor gate merupakan singkatan dari Not Or. Artinya gerbang nor dapat dibentuk dari gerbang not dan gerbang or. Gerbang nor ini outputnya akan 1 jika seluruh inputya 0 dan outputnya akan 0 jika salah satu atau seluruh inputnya 1. Untuk simbol dan tabel kebenarannya dapat dilihat pada gambar berikut.
    NOR Gate   truth table NOR gate
  6. Exor Gate (Gerbang exclusive or) merupakan gerbang logika dasar yang outputnya akan bernilai 1 jika kedua nilai inputnya berbeda dan outputnya akan bernilai 0 jika kedua inputnya bernilai sama. simbol dan tabel kebenarannya dapat dilihat pada gambar berikut.
    exor gate   tabel kebenar exor gate
  7. Exnor Gate ( gerbang exclusive nor) merupakan kebalikan dari gerbang exor dimana outputnya akan bernilai 1 jika kedua inputnya bernilai sama dan outputnya akan 0 jika kedua inputnya bernilai tidak sama (berbeda). Simbol dan tabel kebenarannya dapat dilihat pada gambar berikut

    exnor gate  exnor gate

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Gerbang Logika Dasar"

  1. wah. agak sulit memahaminya ini pak. coba baca-baca aja dulu.

    ReplyDelete
  2. he2...gak perlu dipahami sat..lihat2 ja

    ReplyDelete
  3. Terimakasih ilmunya gan
    http://www.voltingnothing.my.id/

    ReplyDelete