Memasukkan Rangkaian Data Dengan Cepat di Spreadsheet dan Excel

Jika kita ingin memasukkan data yang sifatnya berurutan seperti angka, abjad, nama hari, bulan dan lain – lain, kita dapat melakukannya secara cepat dan mudah. Secara difault spreadsheet dan excel sudah dapat melakukan urutan data tertentu seperti angka, nama hari dan bulan masehi dalam ejaan bahasa Inggris. Berikut ini merupakan cara yang dapat digunakan untuk memasukkan urutan angka dengan cepat dan mudah.
1.      Tuliskan angka 1 dan 2 misalnya seperti gambar berikut.
Memasukkan Rangkaian Data Dengan Cepat di Spreadsheet dan Excel

2.      Blok kedua angka tersebut seperti berikut.
Memasukkan Rangkaian Data Dengan Cepat di Spreadsheet dan Excel

3.  Letakan atau gerakkan pointer ke pojok kanan bawah dari data yang diblok tersebut sehingga pointer berubah bentuk menjadi tanda + kecil.
4.      Ketika pointer berubah menjadi tanda +, lakukan klik kiri tahan kemudian lakukan drag ke bawah sesuai dengan batas angka yang diinginkan.
Rangkaian Data Dengan Cepat di Excel

5.      Setelah selesai lepaskan mouse sehingga di lembar kerja terbentuk urutan angka sebagai berikut.
Memasukkan Data Dengan Cepat di Excel

Selain cara klik kiri tarik di atas, kita juga dapat melakukannya dengan cara double klik ketika kita berada pada langkah nomor 3. Dengan cara yang sama kita dapat melakukannya untuk mengisi nama hari, bulan atau urutan data lainnya asalkan data tersebut sudah ada di sistem spreadsheet. Bagaimana kalau data tersebut belum ada? Jawabannya adalah Kita dapat menambahkannya sendiri ke dalam sistem spreadsheet melalui edit custom list. Berikut ini merupakan contoh untuk memasukkan urutan data bulan hijriah ke dalam sistem spreadsheet sehingga nantinya dapat kita gunakan untuk menuliskan nama bulan tersebut secara cepat.
1.      Pilih atau klik tombol spreadsheet button seperti gambar berikut.
cara edit custom list excel

2.      Pilih option sehingga muncul tampilan seperti gambar berikut.
edit custom list excel

3.      Pilih custom list pada bagian view sehingga muncul tampilan seperti berikut.
edit custom list spreadsheet

4.    Secara difault hanya dalam sistem ini hanya ada lima daftar atau list urutan data.  Untuk urutan data lain harus kita tambahkan sendiri seperti huru abjad dan lain – lain. Dalam contoh ini kita akan coba menambahkan urutan data nama bulan arab Hijriah. Untuk menambahkannya kita harus mengklik tombol Add
5.      Kemudian masukkan urutan data tersebut seperti gambar berikut.
cara edit custom list excel

6.      Setelah selesai tekan kembali tombol Add sehingga tampilannya seperti gambar berikut.
ecit custom list excel

7.      Jika kita tidak ingin menambahkan urutan data lainnya silahkan klik ok.

Setelah selesai memasukkan urutan data yang diperlukan, maka kita sudah dapat melakukan pemasukkan data tersebut dengan cepat sesuai dengan cara – cara yang sudah dijelaskan waktu memasukkan angka dengan cepat. Sebagai latihan silahkan dimasukkan data-data berikut dengan cepat di lembar spreadsheet dan excel. Jika datanya belum ada silahkan tambahkan sesuai dengan cara di atas.
tulis data cepat excel


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memasukkan Rangkaian Data Dengan Cepat di Spreadsheet dan Excel"

Post a Comment