Berbagai Cara Mengatur Ukuran Sel di Spreadsheet dan Excel

Kita dapat mengatur ukuran sel di lembar kerja excel dan spreadsheet sesuai dengan keinginan kita. Tentu saja ukuran tersebut untuk disesuaikan dengan teks yang ada di dalamnya. Untuk melakukan pengaturan ukuran sel ini, dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut.
a.      Menggunakan Mouse
Cara yang paling mudah untuk mengatur ukuran sel adalah dengan menggunakan mouse. Cara ini paling sering digunakan orang karena dirasakan lebih mudah. Walaupun mudah belum tentu cara ini paling baik. Hal ini dapat kita rasakan ketika kita membutuhkan ukuran sel yang sama untuk beberapa sel. Hampir bisa dipastikan ukuran sel yang kita atur menggunakan mouse tidak akan sama satu dengan yang lainnya. Kalaupun sama, mungkin akan membutuhkan waktu yang lama untuk melakukannya. cara melakukannya adalah sebagai berikut.
  1. Letakkan mouse pointer pada sisi kanan batas kotak nama sel (jika kita ingin mengatur lebar sel) atau pada sisi bawah batas kotak baris sel (untuk mengatur tinggi selnya).
  2. Lakukan klik kiri tahan pada mouse.
  3. Geser mouse sesuai keinginan (ke kiri dan ke kanan untuk mengatur lebar sel dan atas bawah untuk mengatur tinggi sel)

b.      Menggunakan Ukuran
Agar beberapa sel yang berfungsi sama dan membutuhkan ukuran yang sama dapat kita buat, maka kita dapat menggunakan ukuran dalam melakukan pengaturan ukuran selnya. Cara ini dipandang dapat mengatasi kelemahan yang terjadi pada pengaturan ukuran sel dengan mouse. Untuk melakukanya dapat dilakukan cara berikut ini.
  1. Klik sel (blok sel yang ingin disamakan ukurannya) yang ingin diatur ukurannya.
  2. Klik menu home kemudian pilih sub menu row and column sehingga muncul gambar berikut.
    Mengatur Ukuran Sel di Spreadsheet dan Excel
  3. Klik column width jika kita ingin mengatur ukuran lebar kolom atau row hight jika kita ingin mengatur tinggi sel. Akan muncul gambar berikut ini.
    Mengatur Ukuran Sel di Spreadsheet dan Excel
  4. Silahkan diisi ukuran yang diinginkan (dengan angka)
  5. Pilih ok

c.       Menyesuaikan Ukuran Sel Dengan Isinya
Jika kita ingin mengatur ukuran sel agar sesuai dengan teks atau data yang ada di selnya (isi sel) maka kita dapat mengatur ukuran sel dengan cara sebagai berikut.
  1. Klik sel (seleksi semua sel jika banyak) yang ingin diatur ukuranya.
  2.  Klik menu home kemudian pilih row and column.
    Mengatur Ukuran Sel di Spreadsheet dan Excel
  3. Pilih autofit column width untuk menyesuai kan ukuran lebar sel dengan isi selnya atau autofit row hight jika ingin mengatur atau menyesuaikan tinggi selnya.
Demikian beberapa cara yang dapat kita lakukan dalam mengatur ukuran sel di dalam lembar kerja excel dan spreadsheet, semoga ada manfaatnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berbagai Cara Mengatur Ukuran Sel di Spreadsheet dan Excel"

Post a Comment