Fungsi logika IF yang mengandung And, Or dan Not di Excel dan Spreadsheet

Fungsi logika IF merupakan salah satu fungsi yang ada di excel dan spreadsheet yang dapat kita gunakan untuk memilih beberapa ekspresi logika untuk mengambil sebuah keputusan. Sebagai contoh kita dapat menggunaka fungsi logika IF untuk menentukan kriteria nilai mahasiswa dalam bentuk huruf A, B, C, D dan E. Kita juga bisa menentukan seseorang lulus atau tidak lulus, Sangat memuaskan, memuaskan, cukup, kurang dan lain sebagainya.
Pada pembahasan sebelumnya tentang logika IF, saya hanya menampilkan fungsi logika IF ganda biasa. Artinya pilihan logika IFnya tidak mengandung beberapa persyaratan yang akan mempengaruhi hasil keputusan. Pada contoh sebelumnya kita hanya diberikan contoh jika nilai mahasiswa besar dari 85 maka A, besar dari 70 maka B, besar dari 60 maka C, besar dari 50 maka D dan kurang dari itu dianggap E. Untuk mendapatkan keputusan nilai A (nilai yang lainnya) hanya dibutuhkan satu syarat yang memenuhi ketentuan yang sudah kita buat di atas yaitu dengan mendapatkan atau mengentrikan nilai besar dari 85. 
Bagaimana kalau seandainya persyaratan untuk mendapatkan keputusan akhir lebih dari satu? Sebagai contoh kita akan mendapatkan keputusan seseorang dianggap Ayah, Ibu, Jejaka dan Perawan. Untuk mendapatkan status Ayah syaratnya ada dua yaitu "Laki - Laki" dan "Sudah Menikah". Untuk mendapatkan status Ibu syaratnya "Perempuan" dan "Menikah". Untuk mendapatkan status Jejaka syaratnya "Laki - Laki" dan "Belum Menikah". Sedangkan untuk status Perawan syaratnya "Perempuan" dan "Belum Menikah".
Pada contoh kasus di atas terlihat bahwa untuk mendapatkan sebuah keputusan akhir diperlukan dua syarat yang dihubungkan dengan logika And atau dan yang artinya keputusan yang diambil haruslah ketika kedua persyaratan terpenuhi. Bagaimana kalau yang terjadi persayaratan pilihan seperti contoh berikut?
Untuk dapat lulus dalam ujian akhir seseorang harus lulus nilai Matematika atau Lulus nilai IPA. Dari contoh kasus ini setidaknya akan terdapat 4 kondisi peserta ujian yaitu Matematika lulus dan IPA lulus, Matematika Lulus dan IPA tidak lulus, Matematika tidak lulus dan IPA lulus, Matematika dan IPA tidak lulus. Karena persyaratanya menggunakan atau maka satu-satunya keputusan tidak lulus terjadi ketika Matematika dan IPA tidak lulus. 
Fungsi logika IF yang mengandung And, Or dan Not di Excel dan Spreadsheet
Sebagai contoh pada gambar di atas terlihat kelulusan hanya ditentukan oleh nilai matematika dan IPA. Jika salah satu dari kedua matapelajaran ini nilainya besar sama dengan 3 maka berapapun nilai yang lainnya tetap akan menghasilkan keputusan Lulus. Bagaimana cara membuat formula atau rumusnya. Untuk formula atau rumusnya bisa dibuat seperti berikut:
 =IF(OR(E4>=3,F4>=3),"Lulus",IF(AND(E4<3,F4<3),"Tidak Lulus"))
Demikian contoh cara menggunakan ekspresi And, Or dalam fungsi logika IF semoga ada manfaatnya. Jika manfaat silahkan share dan jika ada kelasalahan silahkan beri masukkan.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Fungsi logika IF yang mengandung And, Or dan Not di Excel dan Spreadsheet"

  1. Artikel yang bermanfaat. Cocok untuk diterapkan pada sistem penilaian hasil belajar siswa disekolah. Saya juga biasa menggunakan fungsi if untuk menghitung nilai akhir hasil belajar siswa untuk menentukan tingkat Kriteria Ketuntasa Minimal dalam belajar.

    ReplyDelete