Simulasi Kesalahan Pemasangan Komponen Pada Rangkaian Power Supply Atau Catu Daya

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang simulasi proses penurunan dan penyearahan tegangan listrik bolak balik menggunakan rangkaian catu daya setengah gelombang. Pada artikel kali ini kita akan menjelaskan simulasi kesalahan pemasangan komponen pada rangkaian catu daya tersebut. Sebagaimana diketahui, pemasangan komponen elektronika dalam rangkaian memiliki aturan tertentu sehingga kesalahan dalam pemasangannya bisa berakibat pada kerusakan komponen tersebut dan bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya. Berikut ini adalah simulasi kesalahan pemasangan komponen pada rangkaian catu daya dan perkiraan komponen yang akan rusak dalam rangkaian tersebut.
  1. Jika trafo atau transformator dipasang terbalik artinya kumparan sekunder dipasang ke tegangan ac 220 volt (dari PLN) maka kemungkinan komponen yang akan rusak adalah transformator itu sendiri. Kerusakan pada trafo yang dipasang terbalik akan menyebabkan terbakarnya lilitan trafo tersebut sehingga tidak akan ada tegangan yang akan keluar pada output trafo sehingga rangkaian setelah trafo akan aman.
    kesalahan memasang trafo
  2. Jika yang salah pasang dioda penyearah maka akan menyebabkan tegangan dc negatif mengalir ke komponen setelah dioda. Kondisi ini dapat menyebabkan kapasitor filter dan IC rusak. Jika catu daya terhubung ke rangkaian elektronika lainnya kemungkinan besar rangkaian tersebut akan mengalami kerusakan juga.
    kesalahan dalam pemasangan dioda
  3. Berikut ini adalah simulasi jika komponen kapasitor filter salah dalam pemasangan. Kesalahan pemasangan kapasitor filter dapat menyebabkan kapasitor tersebut terbakar (rusak). Jika kapasitor filter rusak, maka arus hasil penyearahan dioda masih mengandung riple tegangan yang dapat menyebabkan komponen IC rusak. Jika kapasitor filter rusak dan rangkaian catu daya terhubung ke rangkaian elektronik lain seperti amplifier, radio, tape recorder akan menyebabkan suara yang dihasilkan tidak bersih dan bahkan dalam waktu tertentu akan menyebabkan kerusakan pada peralatan tersebut.
    kesalahan dalam memasang kapasitor
  4. Jika IC penstabil dipasang terbalik maka tidak akan ada tegangan yang akan dikeluarkan pada output ic (kaki 3) sehingga rangkaian catu daya tidak menghasilkan tegangan keluaran. Jika ini berlangsung lama akan menyebabkan IC tersebut panas dan terbakar (rusak).
    kesalahan dalam memasang ic
Dari simulasi di atas dapat kita lihat bahwa pemasangan kompone yang salah dalam rangkaian catu daya akan menyebabkan kerusakan pada komponen komponen yang ada dalam rangkaian tersebut sehingga kerja rangkaian catu daya tidak akan sempurna. Jika hasil keluaran rangkaian catu daya tidak sempurna akan menyebabkan rangkaian elektronika yang memanfaatkan jasa catu daya tersebut juga akan mengalami kerusakan. Jadi kita harus hati hati dalam melakukan pemasangan setiap komponen yang ada dalam rangkaian tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Simulasi Kesalahan Pemasangan Komponen Pada Rangkaian Power Supply Atau Catu Daya"

  1. Sangat membantu sekali artikelnya
    Itu pakai aplikasi apa?

    ReplyDelete