Rangkaian Kapasitor (Seri, Paralel dan Campuran)

Sebagaimana halnya resistor kapasitor juga dapat dirangkai satu sama lainnya untuk mendapatkan nilai kapasitas tertentu yang diinginkan. Pada kapasitor juga dikenal adanya rangkaian seri, rangkaia paralel dan rangkaian seri paralel atau rangkaian kombinasi. Untuk mencari nilai kapasitas total dari rangkaian kapasitor ini digunakan rumus atau formula yang bentuknya kebalikan dari formula atau rumus pada rangkaian resistor.
A. Rangkaian Seri
Rangkaian seri adalah rangkaian kapasitor dengan cara menyambungkan kaki kakinya seperti pada gambar berikut.
Pada rangkaian seri kapasitor di atas kita dapat menghitung besar kapasitas total atau kapasitas penggantinya dengan menggunakan rumus berikut.
Cobalah bandingkan dengan rumus mencari nilai hambatan total pada rangkaian resistor berikut ini.
Pada rangkaian seri resistor untuk mencari hambatan totalnya cukup dijumlahkan tetapi pada kapasitor tidak bisa dijumlahkan. Pada kapasitor nilai kapasitas rangkaian seri seperti menghitung nilai hambatan total pada rangkaian paralel kapasitor.
B. Rangkaian Paralel
Rangkaian paralel pada kapasitor adalah rangkaian kapasitor yang kaki kakinya disambungkan seperti pada gambar berikut ini.
Untuk mencari nilai kapasitas total dari rangkaian paralel kapasitor di atas dapat kita gunakan rumus berikut ini.
Cobalah bandingkan dengan rumus untuk mencari nilai hambatan total pada rangkaian paralel resistor berikut ini.
Pada rumus di atas terlihat bahwa jika kapasitor diparalelkan, maka untuk mencari nilai kapasitas totalnya kita cukutp melakukan penjumlahan pada masing masing nilai kapasitor yang terhubung secara paralel tersebut. Hal ini kebalikan dari cara menghitung nilai hambatan total pada rangkaian paralel resistor. Untuk memudahkan cara mengingatnya rumus seri pada kapasitor sama dengan rumus paralel pada resistor dan rumus paralel pada kapasitor sama dengan rumus seri pada resistor.
C. Rangkaian Gabungan atau Campuran 
Rangkaian ini merupakan gabungan atau campuran dari rangkaian seri dan paralel kapasitor seperti terlihat pada gambar berikut ini.
Untuk menghitung nilai kapasitas total dari hambatan seri paralel kapasitor tentunya kita harus mengerti atau tahu cara menghitung nilai kapasitor seri  dan kapasitor paralel. Cara menyelesaikannya sama saja dengan cara menyelesaikan hambatan total rangkaian seri paralel pada resistor. Hanya saja yang perlu diingat untuk mencari nilai kapasitas seri dan paralel pada kapasitor kebalikan dari resistor.
Demikian artikel singkat tentang  cara menghitung nilai kapasitas pada rangkaian seri dan paralel kapasitor semoga bermanfaat untuk pembaca. Jika bermanfaat silahkan share dan jika ada kesalahan mohon diberi masukkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rangkaian Kapasitor (Seri, Paralel dan Campuran)"

Post a Comment