Penguat Non Inverting Op Amp

Prinsip utama rangkaian penguat non-inverting adalah seperti yang diperlihatkan pada gambar berikut ini. Seperti namanya, penguat ini memiliki masukan yang dibuat melalui input non inverting. Dengan demikian tegangan keluaran rangkaian ini akan satu fasa dengan tegangan inputnya. Untuk menganalisa rangkaian penguat op amp non inverting, caranya sama seperti menganalisa rangkaian inverting amplifier.   
Non Inverting Op Amp
Gambar Penguat Non Inverting
 
Dengan menggunakan aturan golden rule 1 dan 2, kita uraikan dulu beberapa fakta yang ada, antara lain :
Vin = V+
V+ = V-  = Vin  (gunakan aturan golden 1).
Dari sini diketahui tegangan jepit pada R2 adalah Vout – V- = Vout – Vin, atau iout = (Vout-Vin)/R2. Lalu tegangan jepit pada R1 adalah V- = Vin, yang berarti arus iR1 = Vin/R1.
Hukum kirchkof pada titik input inverting merupakan fakta yang mengatakan bahwa :   
iout + i(-) = iR1 Aturan golden 2 mengatakan bahwa i(-) = 0 dan jika disubsitusi ke rumus yang sebelumnya, maka diperoleh :
  iout = i.R1 dan
Jika ditulis dengan tegangan jepit masing-masing maka diperoleh :
 (Vout – Vin) / R2 = Vin/R1 yang kemudian dapat disederhanakan menjadi :
Vout = Vin (1 + R2/R1
Jika penguatan G adalah perbandingan tegangan keluaran terhadap tegangan masukan, maka didapat penguatan op-amp non inverting :
G = Vout/Vin = 1 + (R2/R1)
Impendasi untuk rangkaian Op-amp non inverting adalah impedansi dari input non-inverting op-amp tersebut. Dari datasheet, LM741 diketahui memiliki impedansi input Zin = 108 to 1012 Ohm.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penguat Non Inverting Op Amp"

Post a Comment