Pengertian Semikonduktor

Semikondukutor merupakan zat atau bahan yang bersifat antara konduktor dan isolator atau dengan kata lain semikonduktor merupakan bahan atau zat setengah penghantar listrik. Kapan semikonduktor bersifat sebagai penghantar listrik atau konduktor? Ketika bahan ini diberikan tegangan listrik dengan cara tertentu, besar arus tertentu, persyaratan tertentu dan temperatur tertentu. Kapan dia akan bersifat sebagai isolator? Ketika diberikan arus dan tata cara yang tidak sesuai. Jadi untuk menggunakan semikonduktor untuk keperluan rangkaian kita harus memahami spesifikasi dan dan karakteristiknya. Karena sifatnya yang demikian semikonduktor sangat berguna dalam bidang elektronika. Bahan bahan yang kita kenal dengan komponen aktif seperti dioda, transistor dan ic tersusun dari semikonduktor ini.
Salah satu penyebab bahan semikonduktor sangat berguna dalam bidang elektronika adalah karena sifat konduktifitasnya dapat diubah ubah secara terkontrol  dengan menggunakan zat pendoping untuk mempengaruhi kemurnian zat tersebut. Dengan cara mendoping atau menyuntikan bahan tertentu sehingga semikonduktor menjadi kelebihan elektron atau proton akan meningkatkan konduktifitasnya berkali lipat sehingga sangat baik digunakan dalam rangkaian. Diantara penggunaan bahan ini dalam rangkaian elektronika adalah untuk penyearah, penguat arus, tegangan dan daya listrik.
Pengertian SemikonduktorBahan bahan semikonduktor yang paling banyak digunakan adalah silikon, germanium dan galium arsenida. Bahan bahan yang digunakan dalam proses doping semikonduktor adalah arsenic, indium dan antimony. Bahan bahan pendoping ini biasanya disebut dengan istilah dopant dan bahan semikonduktor yang sudah dilakuan doping disebut dengan semikonduktor ekstrinsik sedangkan semikonduktor murni disebut semikonduktor intrinksik.
Berkaitan dengan proses pendopingan terhadap bahan semikonduktor, maka kita mengenal dua tipe semikonduktor sebagai berikut.
  1. Semi konduktor tipe N : yaitu semikonduktor yang kaya akan muatan negatif (elektron) sebagai pembawa muatannya. Jika semikonduktor dari bahan silikon didoping dengan bahan arsenikum atau antimony aka menyebakan semikonduktor ini kaya akan muatan elektron.
  2. Semi konduktor tipe P : yaitu semikonduktor yang kaya akan muatan positif dan kekurangan muatan negatif (elektron). Pada tipe ini penghantar utamanya adalah hole (majority) sedangkan elektron (minority). Jika semikonduktor bahan silikon didoping dengan bahan indium maka akan menjadikon semikonduktor ini bertipe P.
Dengan menggabungkan dua tipe semikonduktor ini dengan cara dan aturan tertentu akan didapatkan komponen elektronika yang sangat penting dalam dunia elektronika seperti dioda, transistor dan ic. Komponen komponen inilah yang menyebabkan dunia ini semakin maju dan canggih dan hampir semua manusia yang ada di dunia ini menikmati manfaatnya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Semikonduktor"

Post a Comment