Pengertian IC atau Integrated Circuit

Integrated circuit atau yang lebih sering disebut IC (baca aisi) merupakan salah satu jenis komponen elektronika yang tersusun oleh beberapa komponen elektronika lain seperti transistor, dioda, resistor dan kapasitor. Komponen komponen tersebut dirangkai secara terintegrasi dan dikemas sedemikian rupa dalam satu komponen yang disebut IC. Jadi untuk satu IC bisa mewakili 1 atau lebih rangkaian elektronika tertentu.
Jumlah komponen penyusun sebuah IC bisa mencapai jutaan tergantung dari jenis ICnya. Sebagai contoh IC yang dijadikan prosesor dalam komputer bisa mengandung jutaan transistor di dalamnya begitu juga dengan kompone lainnya. Semakin rumit dan banyak fungsi dari IC tersebut maka akan semakin banyak kompone penyusun yang diperlukan. Berikut ini adalah contoh IC audio dan Komponen penyusun di dalamnya.
IC STK070Komponen penyusun IC STK070
Dari gambar di atas terlihat bahwa dalam satu IC STK 070 terdapat lebih kurang 13 buah transistor 18 buah resistor, dan 7 buah dioda. Berikut ini adalah contoh penggunaan IC STK 070 di atas dalam rangkaian amplifier atau penguat suara.
IC STK070
Pada gambar rangkaian amplifier di atas terlihat bahwa kita hanya memerlukan beberapa komponen saja di luar IC untuk membuat sebuah rangkaian amplifier sehingga akan memberikan beberapa keuntungan seperti harga lebih murah, peralatan bisa menjadi lebih kecil dan cara membuatnya jauh lebih sederhana. Dapat kita bayangkan kalau seandainya rangkaian di atas dirancang tidak menggunakan IC, maka rangkaian akan semakin rumit, butuh tempat besar, harga juga akan semakin mahal. Berikut ini adalah contoh pemakaian IC STK070 dalam perangkat amplifier.
Contoh di atas adalah IC yang dirancang untuk membuat amplifier atau pengeras suara yang kerjanya hanya sederhana. Bisa kita bayangkan untuk IC yang bekerja lebih pintar dan cerdas untuk fungsi yang banyak seperti mikroprosesor atau prosesor tentu akan membutuhkan lebih banyak lagi komponen penyusun di dalamnya. Sebagai contohnya adalah prosesor intel pentium 4 yang memiliki 16 juta transistor di dalamnya. Selain transistor tentu komponen yang lainnya juga tidak kurang banyaknya.
Dengan ditemukannya teknologi IC ini pada tahun 1958 oleh Jack Kilby telah membuat perubahan yang sangat besar dalam bidang elektronika. Sebelumnya Komputer, televisi, radio, tape recorder dan peralatan lainnya berukuran sangat besar dan berat sehingga tidak mudah dan bahkan tidak bisa di bawa kemana mana, dengan ditemukannya teknologi ini sekarang komputer, TV, Radio, tape recorder bisa disatukan orang dalam satu peralatan yang kecil dan bisa diletakkan dalam genggaman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian IC atau Integrated Circuit"

Post a Comment