Pengertian Dioda

Dioda merupakan salah satu komponen elektronika aktif yang fungsi utamanya adalah untuk penyearah tegangan (arus) listrik. Dioda terdiri dari dua elektroda yang disebut dengan anoda dan katoda. Anoda sering juga disebut kutup positif dan katoda sebagai kutup negatif. Dioda terbentuk dari sambungan bahan semikonduktor jenis P dan N. Pada dioda arus listrik hanya bisa mengalir satu arah saja sehingga dengan sifatnya yang seperti ini dioda dapat dimanfaatkan untuk menyearahkan arus bolak balik (ac).
Pada dioda dikenal istilah bias maju (forward) dan bias mundur (backward bias). Bias maju adalah kondisi dimana sebuah dioda diberikan tegangan dimana kutup Anoda atau P (+) dihubungkan ke kutup positif baterai atau catu dan kutup katoda atau N (-) dihubungka ke kutup negatif baterai. Pada keadaan ini dioda akan bekerja sebagai penghantar arus listrik. Bias mundur adalah kondisi dimana kutup katoda dihubungkan ke kutup positif baterai dan kutup anoda dihubungkan ke kutup negatif baterai. Keadaan ini akan menyebabkan dioda tidak dapat menghantarkan arus listrik sampai titik breakdown. Dalam pemakaian umumya dioda dihubungkan secara forward bias kecuali pada kondisi dan jenis dioda tertentu.
Gambar berikut ini mengilustrasikan kepada kita bahwa ketika dioda diberi bias maju (gambar kiri) lampu akan menyala yang menandakan adanya arus listrik yang mengalir. Pada gambar sebelah kanan merupakan kondisi dimana dioda diberi bias mundur sehingga tidak ada arus listrik yang mengalir yang ditandai dengan lampu padam atau tidak menyala.
bias maju dan bias mundur dioda
Selain untuk menyearahkan arus (tegangan) listrik, dioda juga dapat difungsikan untuk keperluan lain seperti untuk penstabil tegangan listrik, sebagai alat kontrol dan alat penerangan. Dioda juga merupakan dasar untuk membentuk komponen elektronika lain yang disebut transistor yang banyak kita temukan dalam rangkaian elektronika. Berikut ini adalah simbul dari beberapa jenis dioda yang ada saat ini.
gambar dan simbol dioda

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian Dioda "

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Elektronika.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Elektronika yang bisa anda kunjungi di Informasi Elektronika

    ReplyDelete