Jenis-Jenis IC dan Kegunaanya

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan bahwa IC merupakan rangkaian terintegrasi yang tersusun dari beberapa komponen dan dikemas sedemikian rupa dalam satu komponen. Kemunculan teknologi IC ini telah menimbulkan perkembangan yang pesat dalam bidang elektronika. Sampai saat ini Ic masih terus dikembangkan dan diproduksi dalam berbagai macam bentuk dan ukuran. Berkat perkembangan IC ini membuat apa yang dahulunya dianggap orang tidak mungkin menjadi mungkin. Dahulu banyak orang yang gak percaya kalau TV, komputer, radio dan lain sebagainya akan ada dalam genggaman dan sekarang ketidakpercayaan itu sudah termentahkan.
Secara umum IC dibagi menjadi dua jenis yaitu IC linear dan IC non linear atau digital. IC linear merupakan IC yang dipergunakan dalam rangkaian untuk mengolah sinyal sinusoida. Sedangka IC digital bekerja untuk mengolah sinyal sinyal diskrit 0 atau 1. Untuk saat ini Kedua macam IC ini selalu digunakan secar bersama sama dalam rangkaian dan bahkan tidak mustahil dalam satu IC ini bisa beroperasi untuk kedua macam sinyal sinusoidal dan diskrit.

IC Linear
IC linearSebagaimana yang telah dijelaskan di atas bahwa IC linear bekerja menggunakan sinyal sinusoida banyak terdapat pada perangkat yang dikhususkan untuk mengolah sinal sinusoida seperti radio, tape recorder, televisi dan lain sebagainya. Namun saat ini perangkat perangkat seperti disebutkan tadi sudah banyak yang disentuh dengan teknologi digital yang menyebabkan penggunaan IC digital dan analog secara bersamaan tidak terelakkan. Berikut ini adalah diantara kegunaan IC linear dalam rangkaian elektronika.
  1. Penguat sinyal, penguat daya (power amplifier), penguat arus 
  2. operasional amplifier (op amp)
  3. RF dan IF amplifier
  4. Multiplier
  5. Voltage regulator
  6. Voltage comparator 
  7. dan lain lain

IC Digital
IC digital
IC yang bekerja berdasarkan prinsip prinsip digital yaitu mengolah nilai 0 (tidak ada tegangan) dan 1 (kalau ada tegangan). Dalam IC ini terdapat gerbang-gerbang logika dasar yang disusun sedemikian rupa untuk berbagai macam keperluan. IC ini merupakan jenis IC yang paling banyak digunakan untuk saat ini. Berikut ini merupakan beberapa fungsi atau kegunaan dari IC digital
  1. logic gate (gerbang logika)
  2. flip flop
  3. register
  4. counter
  5. timer
  6. multiflexer
  7. memory
  8. kalkulator
  9. mikroprosesor
  10. mikrocontroler

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis IC dan Kegunaanya"

Post a Comment