Cara Mengembalikan Windows 10 ke Windows 8 dan Windows 7 (Downgrade)

Jika kita sudah melakukan upgrade dari win 8 atau win 7 ke windows 10 dan ternyata mengalami kendala ataupun tidak suka menggunakannya, maka kita bisa kembali lagi dengan mudah ke windows sebelumnya dengan memanfaatkan fasilitas recovery yang sudah disiapkan pihak microsoft. Namun perlu diingat bahwa proses pengembalian (downgrade) ke windows sebelumnya hanya berlaku dalam rentang waktu satu bulan dan jika folder windows.old yang ada pada drive C laptop kita tidak dihapus (setelah satu bulan akan otomatis terhapus). Jadi sebetulnya dengan fasilitas ini kita tidak perlu takut untuk melakukan upgrade ke win 10 paling tidak untuk mencicipinya beberapa hari sebelum kita memutuskan untuk kembali atau tetap terus menggunakannya.
Bagi Sobat yang tetap menggunakannya dan menemukan kendala bisa bertanya melalui om google tentang kasus yang dialami. Tapi jika tidak senang menggunakannya silahkan kembali lagi dengan melakukan cara cara berikut ini.
  1. Klik tombol start kemudian pilih setting.
    Cara Mengembalikan Windows 10 ke Windows 8/7
  2. Atau bisa juga mengetikan setting pada fasilitas cortana sehingga muncul tampilan berikut ini.
    Cara Mengembalikan Windows 10 ke Windows 8/7
  3. Pilih update and security yang ada pada gambar di atas, kemudian pilih recovery sehingga muncul tampilan berikut.
    Cara Mengembalikan Windows 10 ke Windows 8/7
  4. Pada gambar terlihat ada beberapa pilihan untuk memperbaiki sistem windows kita. Silahkan pilih Go back to Windows 8.1 (jika ita sebelumnya upgrade dari win 7 maka pilihannya adalah Go bact to windows 7).
  5. Selanjutnya akan muncul pertanyaan kenapa anda ingin kembali ke windows sebelumnya. Silahkan pilih sesuai keadaan kenapa anda ingin kembali ke windows sebelumnya (misalkan ketidakcocokan driver) setelah itu klik next.
  6. Jika masih ada pertanyaan silahkan pilih next kembali hingga sampai proses restore dan anda akan melihat pesan restoring your previous version of windows.
  7. Tunggu hingga proses pengembalian selesai (biasanya selesai dalam waktu 15 sampai 45 menit bergantung pada kecepatan komputer kita).
  8. Tunggu hingga komputer melakukan restart dan proses pengembalian ke windows 8 atau 7 sudah berhasil.
Demikian cara singkat untuk mengembalikan (downgrade) windows 10 ke windows 8/7 semoga dapat membantu pembaca. Jika dirasa bermanfaat silahkan share artikel ini dan jika ada kesalahan silahkan beri masukan. thanks

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Mengembalikan Windows 10 ke Windows 8 dan Windows 7 (Downgrade)"