Mengenal Aplikasi Pembuat Presentasi


contoh presentasiPresentasi adalah salah satu metode yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada sekumpulan orang yang dirancang secara baik sehingga memudahkan orang tersebut dalam menangkap pesan yang disampaikan. Banyak cara yang bisa digunakan untuk mempresentasikan pesan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sipemberi pesan. Sebelum ditemukannya aplikasi presentasi berbasis komputer orang menggunakan media gambar, slide proyektor (OHP) sebagai media presentasi. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer media-media tersebut sekarang sudah mulai ditinggalkan. Saat ini, tersedia banyak aplikasi komputer yang dapat  dijadikan alat untuk membuat media presentasi. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang biasa digunakan dalam membuat media presentasi tersebut.
1.       Microsoft Power Point.
Salah satu media presentasi yang banyak digunakan adalah microsoft power point. Aplikasi microsoft power point ini merupakan paket aplikasi yang disediakan oleh microsoft dalam paket microsoft office bersama-sama dengan beberapa aplikasi perkantoran lainnya seperti microsoft word, excel dan acces. Seiring perkembangan microsoft office, aplikasi inipun juga mengalami beberapa kali perubahan, tentu saja perubahannya ke arah yang lebih baik dan lebih memudahkan pengguna dalam menggunakannya. Sampai saat ini microsoft sudah mengeluarkan microsoft office  2010. Berikut ini adalah tampilan dari microsoft power point 2003, 2007 dan  2010.
power point 2003
PowerPoint 2003
power point 2007
Power Point 2007
power point 2010
Power Point 2010 (diambil dari google)
2.       Aphace OpenOffice Presentation

Merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat media presentasi. Aplikasi ini bersifat  open source yang dapat kita download di alamat openoffice.apache.org  atau  www.openoffice.org  atau di alamat situs lainnya. Beberapa kelebihan dari aplikasi ini adalah bebas biaya, kompetibel dengan banyak sistem operasi, kompatible dengan microsoft power point, tampilan menarik, fiture lengkap. Adapun tampilan dari apache openoffice terbaru dapat anda lihat pada gambar berikut.
open office presentation
OpenOffice Presentation
3.       Open Office.org Impress
Sama dengan openoffice presentation OpenOffice.org Impress mempunyai fitur lengkap yang tak kalah jika dibandingkan dengan microsfot power point. Bagi anda yang sudah menggunakan sistem operasi linux atau ubuntu, anda tinggal buka aplikasi ini karena sudah satu paket dengan sistem operasinya. Aplikasi ini dikembangkan oleh Sun Microsystem yang mendukung untuk digunakan lintas sistem operasi dan kompatibel dengan microsoft power point. Selain gratis dan tampilan yang menarik aplikasi ini juga memiliki banyak keunggulan sehingga patut untuk dimiliki. Adapun versi terbarunya dapat pembaca download di website openoffice.org atau di alamat situs lainnya.
open office impress
OpenOffice Impress 2.4.1
4.       Star Office.Org Impress
star office impress
Star Office Impress
Star Office.Impress juga merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Sun Microsystem yang mampu membuat multimedia presentasi yang mendukung seni klip 2D dan 3D, animasi, dan dengan fitur yang lengkap. Dengan aplikasi ini presentasi yang dibuat menjadi lebih hidup karena dilengkapi berbagai efek animasi, berbagai jenis huruf  dua dan tiga dimensi, serta gambar-gambar tiga dimensi. Karena berbagai macam kelebihannya itu perangkat ini sangat layak untuk digunakan dalam merancang media presentasi. Sama seperti aplikasi openoffice lainnya, star office. Impress juga merupakan aplikasi bebas bayar atau gratis.
star office 7 impress
Star Office 7 
5.       libreOffice Presentation
Merupakan aplikasi presentasi open source yang terdapat dalam paket aplikasi perkantoran libreOffice. Yang biasa digunakan dalam sistem operasi ubuntu. Aplikasi ini juga bisa diinstalkan pada sistem operasi window, sehingga kita masih bisa menikmatinya secara gratis. Untuk mendapatkannya kita bisa mendownloadnya di internet pada situs-situs yang menyediakan aplikasi ini. Sama dengan aplikasi presentasi sebelumnya, libre office impress ini juga memiliki fitur yang lengkap, kompatibel dengan microsof office power point.
libre office impress
LibreOffice Impress
6.       Kingsoft Office atau WPS Office
Merupakan sebuah aplikasi open source yang terdiri dari program word, presentation dan spreadsehet. Pada wps terdapat satu aplikasi yang dapat anda gunakan untuk membuat program presentasi. Aplikasi ini merupakan produk besutan dari kingsoft yang dapat anda download secara gratis di internet. Aplikasi ini mempunyai fiture yang sangat lengkap, tampilan yang menarik, serta dilengkapi dengan template yang bisa anda download secara online.
kingsoft office presentation
Kingsoft Presentation (Presentation Office)
Aplikasi ini dapat membuka dan mengedit semua file microsoft power point mulai dari 2003 sampai 2010. Input file formats: Microsoft PowerPoint (97/2000/XP/2003/2007/2010) *.ppt, *.pps, *.pot, *.pptx, *.ppsx, Output file formats: Microsoft PowerPoint (97/2000/XP/2003) *.ppt, *.pot, *.pps, *.dps, *.dpt.

7.       Kpresenter
Merupakan salah satu aplikasi untuk membuat dan menyajikan presentasi yang bersifat opensource. Aplikasi ini juga menawarkan banyak fasilitas yang mampu membuat presentasi yang kita buat tampil memukau. Dapat diperoleh secara gratis pada alamat www.Koffice.org atau pada situs lain yang menyediakan fasilitas unduhan aplikasi ini. Selain banyak mempunyai kelebihan yang menyerupai microsoft power point, aplikasi ini juga mampu menghasilkan slide show dalam format HTML, sehingga memudahkan kita untuk melakukan upload ke website.
kpresenter
KPresenter
Selain aplikasi di atas tentu masih ada aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat atau merancang media presentasi. Diantarnya ada yang bersifat opensource sehingga bebas biaya (free), ada juga yang berbayar. berikut ini diantara nama-nama aplikasi tersebut:
1.       Aurora 3D Presentation 
2.       Prezi Dekstop
3.    Beamer Teks
4.    Google Docs
5.    Presentation X3
6.    Corel Presentation
7.    IBM Lotus Sympony Presentation
Untuk mengetahui aplikasi ini lebih lengkap pembaca dapat melihat atau mencari informasinya melalui om google.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Aplikasi Pembuat Presentasi"

Post a Comment