Rangkaian Penjumlah atau Adder

penjumlahan binerDalam rangkaian digital kita mengenal istilah rangkaian penjumlah atau adder. Rangkaian ini merupakan dasar dari sistem penjumlahan pada rangkaian digital. berikut ini penjelasan singkat dari rangkaian penjumlah yang ada dalam teknik digital.

Half Adder (HA)
Merupakan rangkaian penjumlah yang paling sederhana yang dapat dibentuk dengan menggabungkan dua gerbang logika dasar (basic gate) Exor dan And seperti pada gambar berikut.
adder penjumlah
Rangkaian half adder biasa diberi simbol seperti berikut
Penjumlah atau Adder
Cara kerja dari rangkaian ini dapat terlihat pada tabel kebenaran di bawah ini
Penjumlah atau Adder
Dari tabel kebenaran di atas dapat dilihat bahwa cara kerja dari rangkaian half adder menyerupai rumus dasar pemjumlahan bilangan biner. 
rumus dasar penjumlahan biner
  • 0 + 0 = 0 carry 0
  • 0 + 1 = 1 carry 0
  • 1 + 0 = 1 carry 0
  • 1 + 1 = 0 carry 1

karena menyerupai prinsip dasar penjumlahan biner inilah rangkaian di atas dikatakan sebagai rangkaian penjumlah. Pada rangkaian half adder penjumlahan yang dilakukan hanya melibatkan carry out (sisa hasil penjumlahan). Padahal pada kenyataanya sering dijumpai bahwa dalam penjumlahan selalu atau sering melibatkan carry in (sisa hasil penjumlahan yang harus ditambahkan pada bilangan berikutnya). Karena itu dibutuhkan rangkaian  adder yang dapat melibatkan carry in sehingga proses penjumlahan dapat dilakukan dengan sempurna.

Full Adder (FA)

Merupakan rangkaian penjumlahan penuh yang artinya pada rangkaian ini sudah dilibatkan carry in yang merupakan hal penting dalam sebuah penjumlahan. rangkaian ini dapat kita buat dengan menggabungkan dua buah rangkaian half adder

Simbol dari full adder dapat dilihat pada gambar berikut.
Cara kerja dari rangkaian full adder dapat dijelaskan melalui tabel kebenaran berikut.
Dari tabel di atas terlihat bahwa penjumlahan sudah melibatkan nilai carry in (sebetulnya berasal dari carry out).

Paralel Binary Adder (PBA)
Pada full adder kita sudah dapat melakukan penjumlahan dengan melibat kan carry in. hanya saja rangkaian ini tidak dapat melakukan penjulahan secara bersamaan dari sekian deretan angka biner. Untuk dapat melakuan penjumlahan secara sempurna maka rangkaian full adder ini harus kita rangkai atau susun secara paralel seperti gambar berikut.
Dengan cara menyusun rangkaian full adder seperti gambar di atas maka kita sudah dapat melakukan penjumlahan secara sempurna.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rangkaian Penjumlah atau Adder"

Post a Comment