Membuat Database Melalui Visual Data Manager (VB)

Membuat Database Melalui Visual Data Manager (VB) uniks harianjaSahabat bloger..! Sebelumnya kita sudah belajar bagaimana membuat database melalui office microsoft acces. Kali ini saya kembali akan share cara membuat database acces melalui visual data manager. Visual data manager ini merupakan salah satu fasilitas yang terdapat pada aplikasi pemrograman visual basic (VB) yang dapat kita gunakan untuk merancang database yang akan kita gunakan dalam merancang program aplikasi kita. Tentunya antara cara pertama dan kedua ini masing - masing memiliki kelebihan. Anda bisa memilih salah satu dari cara tersebut mana yang paling mudah bagi anda. Sebagai informasi saja, kalau kita membuat database acces dari visual data manager maka file database kita sudah otomatis memiliki format .mdb. Jadi kita tidak khawatir lagi kalau visual basic kita tidak mau konek dengan database kita. Tapi kalau kita membuat database melalui office microsoft acces, kita harus hati - hati dalam menyimpal filenya agar format filenya bisa berupa .mdb. Mengenai caranya anda bisa lihat lagi ke cara membuat database dengan microsoft office acces. Ini perlu saya sampaikan diawal karena banyak pengalaman di lapangan bahwa penyebab tidak terkoneksinya visual basic dengan database acces ini karena format databasenya bukan .mdb tapi .accdb.
Untuk membuat database melalui visual data manager ini anda bisa lakukan langkah - langkah berikut ini:
  1. Buka aplikasi visual basic anda
  2. Klik menu add in
  3. Pilih visual data manager sehingga muncul jendela visual data manager
  4. Pilih menu file pada visual data manager
  5. Pilih new database sehingga muncul sub menu berikut.
  6. Pilih microsoft acces
  7. Pilih versi 7.0 mdb sehingga muncul jendela berikut.
  8. Cari Drive, Folder tempat penyimpanan file database yang akan kita buat, kemudian tentukan nama file databasenya 

  9. Setelah itu pilih open sehinga muncul jendela berikut.
  10. Pilih sava akan muncul jendela berikut.(database kita sudah jadi)
  11. Langkah selanjutnya adalah proses pembuatan tabel tempat penyimpanan data kita. Silahkan klik kanan properties seperti gambar berikut.
  12. Pilih new table sehingga muncul jendela berikut.
  13. Tuliskan nama table (misal Login) kemudian klik tombol add field. tuliskan nama field, type data, dan size nya (lihat gambar di atas) kemudain pilih ok. hasilnya sebagai berikut.
  14. Buat satu field lagi dengan nama Anggota, kemudian tentukan type data, size nya dan ok.
  15. Lakukan hal yang sama jika kita ingin menambah field yang dibutuhkan. kalau sudah selesai pilih close. sekarang kita sudah punya dua field (username dan password) seperti terlihat pada gambar berikut.
  16. Selanjutnya klik tombol built the table sehingga muncul gambar berikut.
  17. Pada gambar di atas terlihat bahwa kita sudah punya satu table yaitu Login. Untuk menambahkan tabel lain kita dapat lakukan cara klik kanan properties (seperti langkah sebelumnya).
  18. Pilih new table.
  19. Tambahkan table seperti langkah 12 sampai 16 sehingga hasilnya seperti gambar berikut.
  20. Silahkan lakukan hal yang sama untuk menambahkan tabel yang dibutuhkan dalam program anda. Jika sudah selesai jangan lupa lakukan penyimpanan.
Sahabat bloger..! sampai langkah di atas berarti kita sudah menyelesaikan pembuatan database kita dengan nama dbkoperasi yang terdiri dari dua tabel yaitu Login dan Anggota. Untuk melihat hasilnya silahkan anda buka windows explorer, kemudian cari folder tempat penyimpanannya.
Silahkan anda buka file databasenya, maka hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut.
Kalau begitu anda berarti sudah sukses membuat database...good luck!!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Database Melalui Visual Data Manager (VB)"

Post a Comment