Cara Kerja Otak

Cara Kerja Otak uniks harianjaKepala adalah salah satu bagian tubuh kita yang sangat penting yang padanya menempel berbagai fasilitas seperti mata, hidung, mulut, telinga, rambut. Untuk mengatur kerja dari semua fasilitas tersebut dan juga seluruh fasilitas yang ada dalam tubuh kita Allah mengaruniakan kepada kita otak yang letaknya juga ada di dalam kepala. Sesuai dengan struktur tubuh kita Allah meletakkan kepala berada pada posisi tubuh yang paling tinggi (atas). Barangkali ini menandakan bahwa sesuatu yang paling menentukan harga diri manusia itu ada pada bagian ini. Hal ini juga terlihat dari praktek hidup kita sehari hari yang akan sangat marah ketika kepala kita disentuh atau ditunjuk oleh seseorang tanpa seizin kita.
Sahabat - sahabat sekalian...! Kali ini saya akan share ilmu bagaimana cara memaksimalkan fungsi otak yang selalu kita bawa sejak kecil hingga sekarang. Tentunya dengan cara mengenali bagaimana cara otak kita bekerja. Kan gak enak kalau kita gak tau cara kerjanya padahal selalu kita bawa kemana - mana.
Kalau gitu langsung saja ya kita kenali cara kerjanya dengan membaca penjelasan singkat berikut.
  1. Otak kita akan mudah mengingat sesuatu yang terjadinya (munculnya) berulang - ulang. Sebagai contoh sobat - sobat sekalian bisa membaca kata - kata berikut ini : mata, daun, rumput, mata, meja, mata, kemeja, mata, hidung, mata, kerbau, mata, semut, mata. Sobat sekalian pasti akan merasakan bahwa kata yang paling diingat otak kita adalah mata. Kalau begitu kita juga bisa  menerapkan teknik ini dalam menguasai pelajaran atau perkuliahan dengan cara rajin mengulang - ulang membacanya sehingga materi tersebut nyangkut di otak kita. Saya pikir ini lebih santai jika dibandingkan kita mempelajari materi tersebut seminggu sebelum ujian, tidak keluar rumah, bergadang, yang terkadang hanya akan membuat kita sakit dan tak ingat apapun.
  2. Otak kita mudah mengingat sesuatu yang tampilnya beda. Cobalah sobat sekalian bayangkan jika suatu saat tiba - tiba lewat di depan kita 10 orang yang tidak kita kenal sama sekali. Diantara mereka ada satu orang yang kepalanya gundul, pakai sepatu tinggi, tidak pakai baju, kemudian celananya compang - camping, sedangkan yang lainya berpakaian biasa - biasa saja. Selang beberapa waktu ada orang yang bertanya kepada sobat sekalian "apakah ada tadi sekelompok orang lewat di sini dan apa ciri  cirinya?" maka dapat dipastikan sobat - sobat sekalian lebih gampang menceritakan sibotak tadi dari pada yang lainnya. Bagaimana implementasinya dalam belajar? Salah satunya adalah dengan membuat catatan kuliah atau belajar kita memiliki tampilan unik tertentu untuk materi - materi yang mesti kita ingat seperti rumus, istilah dan lain sebagainya. Caranya mungkin dengan membuat garis bawah, dilingkari dengan gambar love, kupu - kupu, ditebalkan dan lain sebagainya.
  3. Otak kita gandrung dengan sesuatu yang aneh - aneh. kalau kita duduk di kamar atau dapur kemudian ada terdengar berita di tv atau radio telah ditemukan ular berkepala dua pandai bicara, maka segera kita akan berlari ke arah tv atau radio tersebut untuk mendengarkan, padahal dari tadi sudah banyak acara atau berita yang sudah disampaikan. makanya kita akan gandrung untuk mempelajari sesuatu yang dianggap aneh oleh diri kita dan biasanya kita akan selalu mengingat materi atau kejadian tersebut.
  4. Otak kita itu lebih senang mengingat sesuatu yang disimbolkan atau dicantolkan. Biasanya kita selalu ingat simbol atau rambu - rambu lalu lintas, walaupun kita tidak baca tulisannya. Kalau kita menggunakan microsoft word,  kita sangat senang mengunakan simbol - simbol (ikon) yang ada dalam aplikasi tersebut. Anda pastikan merasakan betapa bedanya ketika anda memakai aplikasi pengolah kata (wordstar) yang ada pada jaman dahulu. Kalau di TK (taman kanak - kanak) anak - anak akan paham kalau gurunya bilang alif artinya guru itu menyuruh kita bersiap untuk diam dan mereka akan segera meluruskan kedua tangan ke depan, Ketika gurunya bilang ba mereka segera melipat tangan, dan ketika bilang ta mereka semua sudah duduk manis di meja masing - masing dengan tangan terlipat di atas meja. bayangkan repotnya jika guru tidak punya kata - kata simbol seperti itu harus teriak - teriak diam - diam, duduk manis dan lain sebagainya. Dalam belajar kita bisa terapkan hal - hal seperti ini, misalkan dengan simbol atau gambar atau kata tertentu kita bisa mengingat masalah atau materi tertentu. Jika perlu satu pokok bahasan cukup dengan kita mengingat beberapa gambar saja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Kerja Otak "

Post a Comment